PEMROGRAMAN PLC SIEMENS PADA APLIKASI SISTEM MIXING PLANT BERBASIS SCADA

2103311057, Rain Shaqr Dharma Setya (2024) PEMROGRAMAN PLC SIEMENS PADA APLIKASI SISTEM MIXING PLANT BERBASIS SCADA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Isi bab 2 sd bab 4] Text (Isi bab 2 sd bab 4)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Mixing plant umum digunakan pada industri manufaktur sebagai pengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. Efisiensi pada sistem mixing plant dapat dicapau dengan sistem kontrol yang terpusat. Sistem kontrol yang terpusat dapat memudahkan manajemen kontrol serta mempermudah akuisisi data histori dari sebuah proses. Penelitian ini berfokus pada pembuatan sistem kontrol untuk mixing plant yang dapat dikembangkan berbasis Programmable Login Controller (PLC) dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) sebagai perangkat kontrol terpusat. Sistem ini dikembangkan menggunakan software TIA PORTAL V16 untuk pemrograman PLC dan WinCC untuk perancangan desain SCADA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil program dianalisa terhadap deskripsi proses yang dijelaskan melalui diagram alir dan pengambilan data performa kecepatan motor terhadap setpoint yang telah ditentukan di perangkat SCADA. Hasil penelitian divisualisasikan dalam bentuk grafik kecepatan motor dan tabel analisa terkait kecepatan motor terhadap sinyal analog PLC dan frekuensi VSD serta hasil analisa kinerja program PLC untuk sistem mixing plant. Hasil dari penelitian ini adalah nilai error pembacaan kecepatan motor pada perangkat SCADA terhadap alat ukur tachometer yang mencapai 5,55% dan nilai arus analog pembacaan pada perangkat SCADA terhadap alat ukur multimeter yang mencapai 12,39%. Hasil penelitian dihasilkan bahwa ada temuan kecepatan putaran motor induksi lebih besar daripada nominal pada nameplate. Hal ini dikarenakan bahwa motor induksi tidak dalam keadaan berbeban mekanis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi industri yang ingin mengadopsi teknologi serupa untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam suatu proses produksi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Rain Shaqr Dharma Setya
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:19
Last Modified: 27 Aug 2024 04:19
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item
View Item