METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN KOLOM LANTAI 4 PADA PROYEK PEMBANGUNAN TOLL CORRIDOR DEVELOPMENT FASE 2 & 3 TMII JAKARTA TIMUR

2101311018, Elita Yuliandini (2024) METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN KOLOM LANTAI 4 PADA PROYEK PEMBANGUNAN TOLL CORRIDOR DEVELOPMENT FASE 2 & 3 TMII JAKARTA TIMUR. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Naskah Tugas Akhir_Elita Yuliandini_D3 KG_File 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Naskah Tugas Akhir_Elita Yuliandini_D3 KG_File 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB)

Abstrak

Proyek pengembangan bangunan gedung bertema transit oriented development di Toll Corridor Development Taman Mini fase 2 & 3 bertujuan untuk meningkatkan kualitas fasilitas umum dan mempermudah akses mobilitas masyarakat. Dimana fungsi dari bangunan ini adalah lantai 1-3 untuk retail, dan lantai 4-7 berfungsi sebagai rumah sakit. Proyek ini dibagi menjadi 8 zona kerja dengan komponen struktur atas yang meliputi kolom, balok, dan pelat lantai. Kolom berperan sebagai komponen utama yang menahan gaya tekan dari beban di atasnya dan menyalurkannya ke pondasi bangunan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis metode pelaksanaan pekerjaan, produktivitas alat, kebutuhan bahan, dan tenaga kerja, serta mengidentifikasi kendala yang muncul dalam metode pelaksanaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data primer dan sekunder, yang kemudian diolah berdasarkan teori dan kajian kepustakaan, dimana data primer adalah data yang diperoleh berdasarkan observasi langsung di lokasi dan dokumentasi, kemudian data sekunder merupakan informasi yang diperoleh dengan mengumpulkan data yang telah ada sebelumnya, seperti dokumen-dokumen yang telah disiapkan oleh pihak terkait dalam proyek ini. Dokumen-dokumen tersebut termasuk shop drawing, master schedule, data teknis proyek, serta metode pelaksanaan untuk kolom. Hasil akhir dari pengolahan data ini adalah perhitungan produktivitas alat, kebutuhan bahan, dan tenaga kerja untuk pekerjaan kolom. Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa kendala dalam metode pelaksanaan pekerjaan kolom terutama terkait dengan bekisting dan pengecoran. Kendala-kendala ini dapat dicegah dan diatasi melalui kegiatan quality control proyek yang optimal.

Kata kunci : Kolom;Metode Pelaksanaan;Pengecoran;Pembesian.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 690 Pembangunan gedung
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Elita Yuliandini
Date Deposited: 26 Aug 2024 10:22
Last Modified: 26 Aug 2024 10:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

View Item
View Item