IMPLEMENTASI ESP32-CAM DAN APLIKASI TELEGRAM PADA SISTEM KEAMANAN PINTU PAGAR

2103321030, Insaan Bagus Karunia (2024) IMPLEMENTASI ESP32-CAM DAN APLIKASI TELEGRAM PADA SISTEM KEAMANAN PINTU PAGAR. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI Bab 2 s.d Bab 4] Text (ISI Bab 2 s.d Bab 4)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (681kB)

Abstrak

Sistem keamanan untuk pintu pagar kini menjadi kebutuhan penting di era modern guna melindungi rumah dari ancaman kejahatan. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem keamanan pintu pagar yang mengintegrasikan bel elektronik dan kamera berbasis ESP32-CAM dengan aplikasi Telegram. Sistem ini memberikan kemudahan bagi pemilik rumah untuk memonitor dan mengendalikan akses pintu pagar melalui notifikasi dan gambar yang dikirim ke ponsel. Saat bel ditekan, kamera ESP32-CAM secara otomatis mengambil gambar tamu dan mengirimkannya ke aplikasi Telegram, sehingga pemilik rumah dapat mengidentifikasi tamu tanpa membuka pintu. Selain itu, Pagar konvensional memerlukan pemilik rumah untuk membuka dan menutupnya secara manual. Saat hujan, hal ini menjadi tidak efektif dan efisien, karena pemilik rumah harus turun dari kendaraan untuk membuka kunci pintu pagar [10]. Permasalahan ini yang mendasari adanya ide Telegram digunakan untuk mengendalikan kunci pintu pagar secara jarak jauh. Implementasi sistem ini memberikan keamanan tambahan dan kenyamanan bagi pemilik rumah, serta efisiensi dalam mengelola akses tamu. Sistem ini terdiri dari komponen utama yaitu ESP32-CAM untuk pengambilan gambar, aplikasi Telegram untuk komunikasi, dan solenoid door lock untuk mengendalikan kunci pintu pagar. Pemilik rumah dapat memantau dan mengendalikan akses rumah mereka dengan lebih efektif, bahkan ketika mereka tidak berada di rumah. Pengujian menunjukan bahwa ESP32-CAM dapat memotret dan mengirimkan gambar ke Telegram dengan waktu respon yang cepat, rata-rata delay sekitar 7,773 detik. Dan memerlukan jaringan yang stabil untuk mengendalikan kunci pintu pagar secara jarak jauh.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Insan Bagus karunia
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:07
Last Modified: 26 Aug 2024 07:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item
View Item