PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFIKASI KEUANGAN, DAN PEMBELIAN KOMPULSIF TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO PADA PENGGUNA PAYLATER

2004441042, Naziira Rachel Putri (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFIKASI KEUANGAN, DAN PEMBELIAN KOMPULSIF TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO PADA PENGGUNA PAYLATER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Skripsi_Naziira Rachel Putri_2004441042_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 - Bab 4] Text (Isi Bab 2 - Bab 4)
Skripsi_Naziira Rachel Putri_2004441042_Isi Bab 2-Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (949kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel+SNAM_Naziira+Rachel+Putri.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (476kB)

Abstrak

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah memberikan kekhawatiran baru berupa berkembangnya perilaku pembelian kompulsif, yang apabila tidak diatasi dengan baik, dapat memicu perilaku kredit berisiko berutang melalui pay later. Literasi keuangan dan efikasi keuangan menjadi faktor yang penting untuk mencegah terjadinya dampak negatif tersebut. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh literasi keuangan objektif dan subjektif, efikasi keuangan, dan pembelian kompulsif terhadap perilaku kredit berisiko pada pengguna pay later dengan objek penelitian Generasi Z dan Milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan data kuantitatif. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 116 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa literasi keuangan objektif dan subjektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kredit berisiko, efikasi keuangan berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap perilaku kredit berisiko, pembelian kompulsif berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap perilaku kredit berisiko, dan literasi keuangan objektif, literasi keuangan subjektif, efikasi keuangan, dan pembelian kompulsif secara simultan berpengaruh signifikan tehadap perilaku kredit berisiko.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Naziira Rachel Putri
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:04
Last Modified: 26 Aug 2024 07:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item
View Item