PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAM SEMESTA UNTUK ANAK USIA 5-7 TAHUN DI RA ASH SHOFWAN JAGAKARSA

2006421049, Nita Dwi Anggraeni (2024) PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAM SEMESTA UNTUK ANAK USIA 5-7 TAHUN DI RA ASH SHOFWAN JAGAKARSA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_Nita Dwi Anggraeni 8B.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi BAB 2, BAB 3, dan BAB 4] Text (Isi BAB 2, BAB 3, dan BAB 4)
isi (Bab 2 sd Bab 4)_Nita Dwi Anggraeni 8B.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Memberikan pendidikan mengenai alam semesta untuk anak usia dini merupakan suatu langkah penting dalam membentuk perkembangan pola pikir mereka untuk memahami lingkungan alam sekitar dan fenomena alamiah. RA Ash Shofwan merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka termasuk pembelajaran tentang alam semesta. Dari hasil observasi dan wawancara RA Ash Shofwan mendapatkan kendala pada metode pembelajarannya dikarenakan keterbatasan yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode cerita satu arah membuat anak cenderung merasa bosan dan jenuh saat pelajaran sedang berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan flashcard sebagai media interaktif yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran mengenai pengenalan alam semesta yang menarik untuk anak usia 5-7 tahun di RA Ash Shofwan Jagakarsa. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan flashcard adalah metode kualitatif dengan metode design thinking yang dibagi dengan lima tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing serta metode analisis data SWOT sebagai acuan dalam pembuatan arahan creatif brief. Penelitian ini menghasilkan media edukatif flashcard yang berjumlah 25 kartu dengan sub materi pengenalan benda langit, cuaca, musim di Indonesia, fenomena alam dan lingkungan alam. Flashcard tersebut juga dilengkapi dengan tiga Bahasa yakni Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab serta penjelesan singkat tentang materi yang mudah dipahami oleh anak usia dini yang di desain dengan style kartun children illustration, konsep nature dan warna yang colorful. Media edukatif flashcard juga dirancang dengan media pendukung kemasan sebagai pelindung isi kartu serta media pendukung interaktif lainnya yakni worksheet, dan sticker sehingga dapat dimainkan langsung oleh anak-anak. Dengan adanya perancangan flashcard ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan mengajar dan memudahkan anak-anak dalam mengenal alam semesta dengan efektif dan menyenangkan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Nita Dwi Anggraeni
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:52
Last Modified: 27 Aug 2024 02:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item
View Item