SISTEM MONITORING AIR KOLAM DAN PEMBERIAN PAKAN PADA BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR BERBASIS ANDROID

2103321064, Lintang Ayu Ningrum (2024) SISTEM MONITORING AIR KOLAM DAN PEMBERIAN PAKAN PADA BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi Bab2 - Bab4] Text (Isi Bab2 - Bab4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Draf Artikel Ilmiah] Text (Draf Artikel Ilmiah)
DRAF ARTIKEL ILMIAH.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Budidaya lobster air tawar memerlukan pemeliharaan kondisi kualitas air dan pemberian pakan yang tepat untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan lobster. Dalam mendukung pemeliharaan budidaya lobster tersebut, diperlukannya sebuah sistem monitoring yang bisa memantau kondisi keadaan air kolam lobster dan memberikan pakan otomatis sesuai jadwal pakan lobster. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah inovasi berupa Sistem Monitoring Air Kolam Dan Pemberian Pakan Pada Budidaya Lobster Air Tawar Berbasis Android yang memanfaatkan Arduino UNO dan ESP82 sebagai mikrokontroller, sensor DS18B20 untuk mendeteksi suhu, sensor pH E201C dalam mendeteksi pH dan Sensor MQ-135 untuk mendeteksi gas amonia. Hasil pengukuran suhu memiliki rata-rata error sebesar 2,72 persen hasil pengukuran ammonia yang memiliki nilai rata-rata error sebesar 0.0179 persen dan hasil pengukuran pH yang memiliki nilai rata-rata error sebesar 14,36 persen. Sistem yang dikembangkan berhasil melakukan pemantauan kondisi air kolam secara real-time dan memberikan pakan otomatis sesuai jadwal yang ditentukan, yaitu pada pukul 7 pagi dan pukul 5 sore setiap harinya. Meskipun demikian, akurasi pengukuran pH masih memerlukan peningkatan lebih lanjut untuk mengurangi kesalahan dan menghasilkan data yang lebih konsisten.

Kata Kunci: Arduino UNO, Sensor DS18B20, Sensor pH E201C, Sensor Amonia
MQ-135

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Lintang Ayu Ningrum
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:00
Last Modified: 23 Aug 2024 03:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item
View Item