Perancangan Komunikasi Visual Sign System di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Faqih Mandiri Sebagai Solusi Inovatif Penandaan Ruang

2006421046, Nabil Choiri (2024) Perancangan Komunikasi Visual Sign System di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Faqih Mandiri Sebagai Solusi Inovatif Penandaan Ruang. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
HALAMAN IDENTITAS_NABIL CHOIRI_DG 8B.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4] Text (Bab 2 s.d Bab 4)
ISI SKRIPSI_NABIL CHOIRI_DG 8B.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
Official URL: https://pnj.ac.id

Abstrak

Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Faqih Mandiri merupakan institusi pendidikan di bidang keagamaan yang dikhususkan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di wilayah Depok dan sekitarnya. Sign system pada institusi pendidikan seperti pesantren merupakan fasilitas yang sangat penting. Namun, justru ditemukan bahwa penempatan sign system yang ada di PPM Al-Faqih Mandiri belum sesuai kebutuhan. Sign system yang tersedia tidak harmoni dan tidak memiliki satu kesatuan dengan identitas PPM Al-Faqih Mandiri. Dampaknya, informasi menjadi tidak efektif dan menghambat pengalaman para pengunjung, terutama bagi pengunjung yang baru pertama kali berkunjung. Oleh karena itu perancangan sign system menjadi solusi sebagai media informasi dan penunjuk arah yang memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk mendapatkan informasi dari ruangan maupun fasilitas yang terdapat di PPM Al-Faqih Mandiri. Untuk melakukan pengumpulan data pada perancangan sign system ini menggunakan mix method yang dimulai dari wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan akan dikembangkan dengan metode mindmapping dan moodboard untuk mendapatkan keyword yang menjadi landasan konsep visual perancangan sign system. Semua proses dan metode yang dilakukan menghasilkan konsep visual yaitu square, fresh, dan kufi. Konsep ini dikembangkan melalui proses sketsa, digitalisasi hingga tahap final art work. Sign system dibuat menggunakan bahan material akrilik, cutting sticker, besi hollow, dan alumunium steel agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Perancangan sign system dibuat dengan menggunakan strategi harmoni yaitu penyelarasan antara sign system dengan gaya arsitektur bangunan PPM Al-Faqih Mandiri yang minimalist modern. Sehingga akan menciptakan sign system yang menarik, harmoni, informatif, serta sustainable.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 747 Dekorasi interior, desain interior
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Ds Nabil Choiri
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:03
Last Modified: 21 Aug 2024 08:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item
View Item