PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI “PENGENALAN DAMPAK NEGATIF GADGET PADA ANAK” UNTUK ORANG TUA

2007431049, Raeydendi Erlangga Putra (2024) PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI “PENGENALAN DAMPAK NEGATIF GADGET PADA ANAK” UNTUK ORANG TUA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (BAB I dan BAB V)] Text (Halaman Identitas Skripsi (BAB I dan BAB V))
Halaman Identitas Skripsi (BAB I dan BAB V).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (BAB II - BAB IV)] Text (Isi (BAB II - BAB IV))
Isi (BAB II - BAB IV).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (775kB)

Abstrak

Peningkatan penggunaan gadget di kalangan anak-anak telah menimbulkan berbagai kekhawatiran terkait dampak negatif yang ditimbulkan, seperti masalah kesehatan fisik, gangguan perkembangan sosial, dan penurunan prestasi akademik. Orang tua sering kali kurang menyadari atau memahami dampak tersebut secara mendalam. Di usia mereka saat ini sangat mudah untuk diserap dan meniru, kecanduan gadget akan sangat mempengaruhi rangsangannya perkembangan kecerdasan mereka, sehingga diperlukannya media edukasi yang dapat menyampaikan peran orang tua terhadap anak nya . Media Edukasi yang dimaksud berupa video animasi yang bertujuan untuk mensosialisasikan dampak negatif gadget pada anak dan bagaimana orang tua dapat membimbing anaknya agar dapat menggunakan gadget dengan baik dan benar. Media edukasi yang dimaksud berupa video animasi 2D, untuk membuat video animasi ini menggunakan metode Multimedia Development Lifecycle (MDLC) yang terdiri dari concept, design, Material Collecting, Assembly, testing, dan distribution. Sebesar 89,7 persen dari seluruh pernyataan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa reponden sangat setuju bahwa animasi edukasi tentang dampak negatif gadget pada anak ini dapat mengedukasi dan memberikan wawasan tentang dampak negatif gadget pada anak kepada orang tua.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Raeydendi Erlangga Putra
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:51
Last Modified: 21 Aug 2024 02:51
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item
View Item