PEMBUATAN MODUL LATIH ARM ROBOT MENGGUNAKAN DOBOT MAGICIAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

2103321019, Hana Chelsea Nabilla (2024) PEMBUATAN MODUL LATIH ARM ROBOT MENGGUNAKAN DOBOT MAGICIAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (524kB)

Abstrak

Salah satu sistem kendali yang kini tengah berkembang pesat dan digunakan dalam skala besar pada perindustrian yaitu lengan robot. Lengan robot telah berkembang memungkinkan pembuatan objek tiga dimensi dengan cepat. Keahlian dan keterampilan praktis dalam mengoperasikan lengan robot diperlukan agar mahasiswa memiliki pengetahuan yang selaras dengan industri. Namun, sebagai salah satu media pembelajaran, laboratorium Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jurusan Teknik elektro (JTE) belum memiliki modul pelatihan yang dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dalam memahami konsep dan kompleksitas teknis yang terlibat pada lengan robot menggunakan Robot Dobot Magician. Penelitian ini melibatkan perancangan dan pengembangan modul yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi dengan Dobot Magician untuk melakukan proses pencetakan 3D. Tiga parameter pencetakan yang diuji adalah nozzle temperature (200 dan 220 derajat celcius), infill density (15 dan 40 persen), dan layer thickness (0,1 mm dan 0,2 mm). Setiap kombinasi parameter diuji untuk menentukan pengaruhnya terhadap kualitas cetakan, termasuk berat dan akurasi dimensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Dobot Magician mampu melakukan fungsi 3D printing setelah mengikuti instruksi dan panduan yang terdapat pada modul latih dengan modifikasi nilai parameter suhu nozzle 220 derajat celcius, nilai parameter infill density menjadi 40 persen, dan nilai parameter layer thickness menjadi 0,2 mm untuk menghasilkan hasil kualitas cetak yang baik. Penggunaan lengan robot Dobot Magician dalam proses 3D printing memungkinkan peningkatan fleksibilitas dan presisi dalam pencetakan.
Kata Kunci: 3D Printing, Dobot Magician, Parameter Proses Cetak, Media Pembelajaran, Modul Latih.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Hana Chelsea Nabilla
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:24
Last Modified: 20 Aug 2024 07:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18960

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item