PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI LINGKUNGAN PT TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA

2007431034, Muhammad Hirzi Farizan (2024) PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI LINGKUNGAN PT TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 - 4)] Text (Isi (Bab 2 - 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)] Text (Manuskrip artikel ilmiah (jurnal))
Manuskrip artikel ilmiah (jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (763kB)

Abstrak

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah unsur yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan operasional dan produktivitas perusahaan. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Sebagai salah satu industri otomotif terbesar di Indonesia telah menerapkan upaya K3 seperti sosialisasi, kampanye, dan pelatihan. Namun, efektivitasnya dinilai masih kurang menyeluruh, terutama bagi karyawan dengan masa kerja kurang dari dua tahun. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan animasi 3D sebagai media pembelajaran di lingkungan PT TMMIN dengan metode pembuatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 fase, yakni konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Studi menunjukkan bahwa teknologi animasi 3D dapat memberikan visualisasi yang lebih menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman karyawan terhadap kesadaran K3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa animasi 3D berdurasi 4 menit 46 detik dengan format MP4 yang didistribusikan kepada PT TMMIN yang diutamakan ditampilkan pada proses training. Namun, tetap dibagikan kepada karyawan melalui broadcast WhatsApp agar mudah diakses. Hasil beta testing menunjukkan bahwa 82,88% responden sangat setuju video animasi 3D dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan visualisasi dan efektivitas dalam penyampaian materi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Muhammad Hirzi Farizan
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:35
Last Modified: 19 Aug 2024 03:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item
View Item