ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA MANAJEMEN KONFIGURASI ANSIBLE DAN TERRAFORM PADA SISTEM OPERASI SERVER

2007422015, Muhammad Akbar Hidayatulloh (2024) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA MANAJEMEN KONFIGURASI ANSIBLE DAN TERRAFORM PADA SISTEM OPERASI SERVER. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Skripsi Muhammad Akbar Hidayatulloh_Halaman Identitas .pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s/d Bab 4)
Skripsi Muhammad Akbar Hidayatulloh_BAB 2 - 4 .pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal Muhammad Akbar Hidayatulloh .pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (434kB)

Abstrak

Pengelolaan konfigurasi pada server yang sudah ada dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika jumlah perangkat yang dikelola cukup besar. Proses instalasi dan konfigurasi manual satu per satu pada server tersebut memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itu diperlukan Ansible dan Terraform dalam Manajemen Konfigurasi secara otomatis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja dari aplikasi Ansible dan Terraform sebagai aplikasi manajemen konfigurasi dalam deployment beberapa aplikasi kebutuhan server seperti aplikasi Prometheus, Fail2ban dan Uncomplicated Firewall (Ufw) yang berada di ruang server Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode NDLC(Network Development Life Cycle). Parameter yang diujikan dalam penelitian ini adalah beberapa parameter Quality Of Service yaitu Throughput dan Packet loss serta menggunakan pengujian parameter waktu impelentasi dan penggunaan CPU. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan Terraform mengungguli Ansible pada waktu proses eksekusi dengan perbedaan waktu 0.41 menit, throughput yang dihasilkan ansible lebih baik dengan rata-rata 202,72 Kb/s dan 15,55 Kb/s untuk terraform, packet loss yang dihasilkan ansible lebih baik dengan rata-rata 1,01% dan 1,10% untuk terraform. Penggunaan Ansible lebih efisien terhadap CPU dibandingkan dengan Terraform karena tidak membebani server secara berlebihan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: D4 Muhammad Akbar Hidayatullah
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:28
Last Modified: 19 Aug 2024 01:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item
View Item