AUDIT INFORMATION SECURITY PADA SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

2007421015, Andi Faza Maylal Ghifari Pili (2024) AUDIT INFORMATION SECURITY PADA SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
draft MULTINETICS TEMPLATE.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (604kB)

Abstrak

IT Governance dapat membantu sebuah organisasi mencapai tujuan bisnis, penerapan TI dalam proses bisnis juga dapat meningkatkan keamanan informasi untuk tujuan organisasi. Jika organisasi bergantung pada TI, risikonya akan lebih besar. Oleh karena itu, organisasi harus mengatur manajemen risiko TI. UPATIK, yang banyak menggunakan teknologi informasi dalam proses bisnisnya, telah mengalami beberapa masalah baru-baru ini. Pada 20 Mei 2024, terjadi serangan hacking pada beberapa web. Akibatnya, website tersebut diubah tampilannya dan menghambat aktivitas yang menggunakan website tersebut. Dengan munculnya masalah ini, evaluasi manajemen terhadap risiko keamanan TI harus dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapabilitas manajemen risiko keamanan TI dengan menggunakan metodologi Process Assessment Model (PAM) COBIT 5 dan menentukan tingkat kemampuan proses berikut: EDM03 (Ensure Risk Optimisation) pada tingkat 2, APO12 (Manage Risk) pada tingkat 3, APO13 (Manage Security) pada tingkat 2, BAI06 (Manage Changes) pada tingkat 2, DSS02 (Manage Service Requests and Incidents) pada tingkat 3, dan DSS05 (Manage Security Services) pada tingkat 3. Maka dari hal tersebut, UPATIK disarankan untuk menerapkan rekomendasi peneliti pada setiap proses untuk mencapai tingkat kapabilitas yang diharapkan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: andi faza
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:26
Last Modified: 16 Aug 2024 09:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18775

Actions (login required)

View Item
View Item