Rancang Bangun Sistem Water Filtering Berbasis Internet of Things untuk Pertanian Kangkung Darat

2007421029, Muchtar Amien (2024) Rancang Bangun Sistem Water Filtering Berbasis Internet of Things untuk Pertanian Kangkung Darat. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halama Identitas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal_Muchtar Amien_2007421029_TMJ-8.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Kualitas air merupakan unsur penting dalam pertumbuhan dan gizi Kangkung Darat. Kualitas air yang buruk dapat menghambat pertumbuhan dan mempengaruhi nilai gizi tanaman. Oleh karena itu, air untuk penyiraman harus dijaga dan disesuaikan dengan standar yang ada. Namun, perubahan kualitas air seringkali tidak dapat diprediksi oleh petani, membuat pengendalian kadar air menjadi sulit karena ketidakstabilan. Penelitian ini merancang sebuah sistem berbasis Internet of Things (IoT) yang mampu melakukan pemfilteran air dengan menggunakan media filter Pasir Manganese, Ferrolite, Batu Tawas, Kerikil, Karbon Aktif, dan Kapas Busa, serta mendeteksi kadar TDS, kekeruhan (turbidity), dan pH air. Filter air tersebut dapat mengontrol kadar air, agar sesuai dengan kebutuhan petani. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi keamanan melalui Telegram. Jika pembacaan kadar air tidak sesuai dengan ketentuan, notifikasi akan dikirimkan ke Telegram pengguna, memberikan peringatan untuk melakukan pengecekan. Penelitian ini dikerjakan dengan metode Prototyping yang menyajikan data kuantitatif dalam bentuk numerik dan menampilkan hasilnya melalui diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem efektif dalam penurunan kadar air yang melebihi batas sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh tanaman Kangkung Darat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Muchtar Amien
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:21
Last Modified: 15 Aug 2024 03:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item
View Item