PENGGUNAAN UNSUR 5W+1H DALAM CAPTION PADA INSTAGRAM DI GAJAH MADA RECORD PERIODE JANUARI-MARET 2024

2106321129, Fidia Nur Afifah (2024) PENGGUNAAN UNSUR 5W+1H DALAM CAPTION PADA INSTAGRAM DI GAJAH MADA RECORD PERIODE JANUARI-MARET 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir)
TEXT Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Perkembangan teknologi di era digital menjadikan kehidupan manusia semakin praktis dan serba mudah. Saat ini kehidupan manusia jauh lebih mudah, karena adanya internet yang mampu mempengaruhi seluruh ranah kehidupan manusia di berbagai bidang. Salah satunya ranah informasi dan komunikasi.
Teknologi juga bertujuan melakukan penyebaran informasi dari suatu tempat ke tempat lain, bahkan dari satu negara ke negara lainnya menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan penyebaran informasi, tentu saja membutuhkan peranan media di dalamnya. Pesatnya pertumbuhan teknologi juga menuntut media untuk bertransformasi dari media konvensional menjadi digital atau dari media massa, media daring (online) hingga ke media sosial.
Menurut Ahmad Qorib, M. Yoserizal Saragih, dan Suwandi (2019:25), media massa adalah sarana komunikasi massa. Komunikasi massa sendiri artinya proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak (public) secara serentak.
Media massa menurut Nova (2005) berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu media cetak (surat kabar, majalah, brosur, pamflet, dan lain-lain), serta media elektronik berupa televisi, radio, internet.
Sedangkan menurut Syarifudin Yunus (2012:27), media massa dapat diartikan sebagai bentuk media atau sarana komunikasi untuk menyalurkan dan mempublikasikan berita kepada publik atau masyarakat. Bentuk media atau sarana jurnalistik yang kini dikenal terdiri atas media cetak, media elektronik dan media online (daring).
Media online atau yang dikenal sebagai media digital adalah media yang mengandalkan teknologi digital untuk menyebarkan informasi melalui internet. Media online dapat berupa website, aplikasi mobile, sosial media, blog dan platform lainnya..
Menurut M.Romli (2012:34) pengertian media daring secara umum adalah segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet. Salah satu konten yang sedang berkembang dan menjadi alasan menggunakan internet, adalah adanya media sosial.
Kaplan dan Haenaen (McQuail, 2011: 151) mendefinisikan media sosial sebagai: “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas ideologi dan teknologi web 2.O dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user and generated content”
Media sosial merupakan media yang berisi aplikasi untuk menciptakan sebuah isi atau pesan dengan cara berbagi menggunakan media internet seperti blog, twitter, facebook, instagram (Istiqomah & Nugraha, 2018). Maka dari itu, penulis memilih Instagram sebagai media yang akan diteliti.
Menurut M. Romli (2012:104) menyatakan bahwa media sosial adalah sebuah media online tempat para pengguna bisa dengan mudah berpatisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: FIDIA NUR AFIFAH
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:02
Last Modified: 12 Aug 2024 03:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18303

Actions (login required)

View Item
View Item