PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM MONITORING MESIN BERBASIS IOT UNTUK OPTIMALISASI KINERJA PRODUKSI MELALUI EVALUASI OEE

2203443015, Falka Andhana Priatna (2024) PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM MONITORING MESIN BERBASIS IOT UNTUK OPTIMALISASI KINERJA PRODUKSI MELALUI EVALUASI OEE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBAB2sdBAB4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (932kB)

Abstrak

Dalam era kemajuan teknologi yang sedang berlangsung, Internet of Things (IoT) telah memainkan peran penting dalam mengubah paradigma industri, terutama di sektor produksi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang dan menerapkan Sistem Monitoring Mesin yang berbasis IoT, dengan fokus utama pada peningkatan kinerja produksi melalui penilaian Overall Equipment Effectiveness (OEE). Prototipe Sistem yang dibangun ini menggunakan komponen yang terkoneksi antara mesin produksi dengan IoT Gateway melalui komunikasi serial, memungkinkan memonitoring pengumpulan data secara real-time dari mesin-mesin produksi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode OEE, sehingga memberikan pemahaman mendalam tentang efisiensi operasional, ketersediaan mesin, dan mutu produksi. Hasil analisis ini dijadikan sebagai dasar untuk mengenali potensi peningkatan di berbagai bidang, memberikan dasar bagi pengambilan keputusan yang lebih efisien guna meningkatkan kinerja produksi. Keberhasilan penerapan sistem ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu henti mesin, dan meningkatkan mutu keseluruhan dari produk. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menyajikan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan di industri, melainkan juga mencerminkan langkah maju dalam mewujudkan produksi yang lebih efisien dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dinamika industri serta pasar global. Dalam konteks ini, integrasi IoT dalam pemantauan mesin membuka pintu menuju era industri yang lebih mutakhir dan responsif, serta terkoneksi secara global dan terdistribusi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Falka Andhana Priatna
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:52
Last Modified: 26 Mar 2024 04:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item
View Item