RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL INSTALASI PENERANGAN RUANG BENGKEL LISTRIK PNJ BERBASIS PLC

2203443005, Arief Abi Rafli (2024) RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL INSTALASI PENERANGAN RUANG BENGKEL LISTRIK PNJ BERBASIS PLC. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka  Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi , Abstrak, Bab 1, Bab 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4] Text (BAB 2 - BAB 4)
Bab 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (598kB)

Abstrak

Perancangan dan penggunaan sistem kontrol dalam instalasi penerangan ruang bengkel telah menjadi fokus utama dalam meningkatkan efisiensi dan keandalan dalam pengelolaan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan kontrol jarak jauh menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) dan Human Machine Interface (HMI) dengan support Internet of Things (IoT). PLC berperan sebagai otak system ditujukan untuk mematikan dan menyalakan lampu dengan manual melalui panel dan HMI. Monitoring penerangan bisa dilakukan dari jarak jauh dengan aplikasi tambahan yang diunduh melalui telepon seluler. Penelitian ini menunjukkan potensi besar dalam penerapan teknologi untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan meningkatkan efisiensi sistem pencahayaan ruang bengkel secara keseluruhan yang dapat di buktikan dari hasil analisa pengujian daya yang memiliki tingkat efisiensi serta minim pemborosan energi sebesar 3,6 Kwh/bulan atau 16,8% ketika di uji menggunakan sebuah lampu. Dengan integrasi yang tepat antara PLC, HMI, dan Relay, dapat diciptakan sistem yang adaptif, responsif, dan ramah lingkungan dalam mengelola sumber daya penerangan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: A.Md Arief Abi Rafli
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:44
Last Modified: 26 Mar 2024 04:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item
View Item