PROSEDUR PENGISIAN RISK REGISTER DALAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PADA RUMAH SAKIT UNIVERSITAS INDONESIA (RSUI)

2005311002, Reagen Evan Collin (2023) PROSEDUR PENGISIAN RISK REGISTER DALAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PADA RUMAH SAKIT UNIVERSITAS INDONESIA (RSUI). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Indentitas, BAB 1 dan BAB 5] Text (Halaman Indentitas, BAB 1 dan BAB 5)
Reagen Evan Collin - Halaman Identitas TA, Bab 1. Bab 5. Dafpus dan Lampiran.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
Reagen Evan Collin - Isi (Bab 2 s.d. Bab4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (540kB)

Abstrak

Peningkatan mutu adalah hal yang perlu diperhatikan karena kualitas pelayanan yang kurang baik. Peningkatan mutu secara tidak langsung berhubungan dengan kepuasan pasien. Peningkatan mutu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan secara efektif dan efisien. Peningkatan mutu lebih mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan. Peningkatan mutu perlu mengedepankan keselamatan pasien.
Keselamatan pada pasien merupakan hak pasien dalam menciptakan rasa nyaman dan aman selama dirawat di rumah sakit. Keselamatan pada pasien salah satu sistem yang menjadikan pelayanan menjadi prioritas layanan medis. Keselamatan pasien diharapkan dapat meminimalisir timbulnya risiko yang terjadi dan mencegah terjadinya cedera akibat adanya tindakan medis. Keselamatan pasien diharapkan dapat meningkatkan pelayanan serta mengurangi kerugian pasien. Keselamatan pasien perlu didukung oleh penerapan risk register.
Risk register merupakan alat bantu untuk menilai risiko yang dihadapi dan kemampuan mengontrol risiko potensi dan aktual dalam satu tahun. Risk register menguraikan insiden keselamatan pasien, investigasi, rencana untuk mengurangi risiko, biaya yang timbul, tanggungjawab dari strategi mitigasi serta klaim litigasi dan komplain. Risk register harus dimiliki oleh seluruh unit kerja atau unit pelayanan di Rumah Sakit. Prosedur pengisian berlaku juga pada lingkungan RSUI.
RSUI merupakan gedung kesehatan bagi pasien dan sebuah pendidikan tinggi negeri dengan konsep ramah lingkungan dan berorientasi pada bangunan modern. RSUI menyediakan fitur keselamatan pasien dan pelayanan dengan terencana. Pada RSUI risk register yang disusun mempunyai kategori risiko diantaranya, strategi, operational, financial, compliance (kepatuhan terhadap hukum dan peraturan), dan reputation. Kategori risiko tersebut mempunyai peran dan fungsi dalam penentuan asal risiko dan dampak risiko yang dapat terjadi. Pada RSUI pengisian risk register dikelola oleh Unit Komite Mutu, Keselamatan dan Kinerja (KMKK).
KMKK memiliki tugas dalam mengkoordinasikan pengelolaan kinerja rumah sakit, menjadi pemandu dalam program peningkatan mutu dan keselamatan bagi pasien dan bekerja dalam meningkatkan standar pelayanan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Proses risk register pada bagian Komite Mutu, Keselamatan dan Kinerja (KMKK) pada dasarnya masih menggunakan penyimpanan data melalui google spreadsheet yang dimasukkan ke dalam halaman website “Linktr.ee”, sehingga pada data risk register ini dapat dibagikan dan dilihat oleh umum. Prosedur risk register untuk setiap unit kerja dilakukan secara individu unit kerja dengan satu akun, sehingga terdapat hambatan dalam mengedit data. Akan hal tersebut, penulis tertarik untuk memilih judul dalam Tugas Akhir ini ialah “Prosedur Pengisian Risk Register dalam Peningkatan Mutu dan Keselamatan pada Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)”

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 614 Kedokteran forensik; insiden cedera, luka, penyakit
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D3
User ID Pengunggah: Reagen Evan Collin
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:49
Last Modified: 19 Oct 2023 01:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15551

Actions (login required)

View Item
View Item