ANALISIS SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) DALAM MENGUKUR KEBERHASILAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus Program CSR Penanaman Pohon oleh PT X di Kelurahan Gandul, Kota Depok)

1905421017, Aulia Zahra Agustin (2023) ANALISIS SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) DALAM MENGUKUR KEBERHASILAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus Program CSR Penanaman Pohon oleh PT X di Kelurahan Gandul, Kota Depok). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian I (Halaman Identitas Skripsi dan Bab 1)] Text (Bagian I (Halaman Identitas Skripsi dan Bab 1))
SKRIPSI AULIA ZAHRA AGUSTIN - 1905421017 - BAGIAN I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bagian II (Bab 2 - Bab 4)] Text (Bagian II (Bab 2 - Bab 4))
SKRIPSI AULIA ZAHRA AGUSTIN - 1905421017 - BAGIAN II.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (960kB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
ARTIKEL AULIA ZAHRA AGUSTIN - 1905421017.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (284kB)

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak sosial dan lingkungan yang diterima oleh para stakeholder dan menganalisis seberapa besar nilai dampak tersebut dibandingkan dengan jumlah investasi yang telah dikeluarkan oleh PT X jika dihitung dengan rasio SROI berdasarkan program CSR penanaman pohon yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Gandul, Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan model
concurrent embedded. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini untuk dampak sosial dan lingkungan adalah bahwa kegiatan penanaman pohon di wilayah Kelurahan Gandul memberikan dampak positif kepada masyarakat. Sedangkan, hasil perhitungan dampak ekonomi yang dihitung menggunakan analisis Social Return on Investment (SROI) menunjukkan bahwa imbal balik atau manfaat yang diperoleh adalah sebesar 0,36 yang berarti setiap kontribusi Rp 1 yang diinvestasikan oleh perusahaan, akan menghasilkan manfaat sebesar Rp 0,36. Nilai tersebut masih di bawah 1 yang menunjukkan bahwa program ini belum terlalu berdampak pada masyarakat dalam aspek ekonomi.

Kata Kunci: Social Return on Investment (SROI), Penanaman Pohon, Corporate Social Responsibility (CSR), Pengukuran Dampak

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: S.Tr.AB Aulia Zahra Agustin
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:54
Last Modified: 18 Oct 2023 08:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item
View Item