RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP 2,4 GHz PATCH SQUARE 1X2 DAN PATCH CIRCLE 1X2 UNTUK MEMPERLUAS AKSES INTERNET VSAT PADA SMART VILLAGE

2003332042, Raihan Fadilah (2023) RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP 2,4 GHz PATCH SQUARE 1X2 DAN PATCH CIRCLE 1X2 UNTUK MEMPERLUAS AKSES INTERNET VSAT PADA SMART VILLAGE. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PendahuluandanPenutup.pdf] Text
PendahuluandanPenutup.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of ISIBab2sdBab4.pdf] Text
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

VSAT merupakan salah satu jaringan penghasil internet yang menggunakan satelit sebagai sumber pemancar internet yang banyak digunakan dikawasan terpencil atau yang belum terakses internet menggunakan transimisi kabel ataupun transmisi radio karena medan yang tidak bisa dilewati seperti gunung, ataupun laut. Namun, apabila Kawasan tersebut luas VSAT tidak dapat menjangkau seluruh area Kawasan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkanlah sistem yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses internet tanpa harus mendekati sumber internet yang jaraknya jauh. Pada sistem ini terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah antena, Antena berperan dalam memperluas jangkauan akses internet yang bersumber dari VSAT sehingga masyarakat yang jauh dari sumber bisa mendapatkan akeses internet VSAT. Antena yang bekerja pada sistem merupakan antena jenis mikrostrip dengan patch circular array dimana mampu menghasilkan jangkauan yang lebih luas dan daya pancar yang lebih terarah. Perangcangan antena dilakukan dengan menggunakan software CST Studio Suite 2019 selanjutnya difabrikasi dan dilakukan pengukuran. Hasil pengukuran antena untuk parameter return loss menunjukkan nilai sebesar -30 dB dan VSWR sebesar 1,22 pada frekuensi kerja 2,4 GHz dengan bandwidth 800 MHz. Antena mampu bekerja secara optimal dalam mengirimkan akses internet dalam keadaan LOS sejauh 80 meter sedangkan dalam keadaan NLOS sejauh 50 meter dengan daya pancar sebesar -86 dB.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Raihan Fadilah
Date Deposited: 26 Sep 2023 00:42
Last Modified: 26 Sep 2023 00:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15045

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item