PERANCANGAN ALAT BANTU PENGISIAN TANGKI PASIR LOKOMOTIF DENGAN SISTEM SCREW CONVEYOR VERTICAL DI DEPO LOKOMOTIF BESAR A CIPINANG

2002311011, Zidan Akbar Al Hafis (2023) PERANCANGAN ALAT BANTU PENGISIAN TANGKI PASIR LOKOMOTIF DENGAN SISTEM SCREW CONVEYOR VERTICAL DI DEPO LOKOMOTIF BESAR A CIPINANG. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip TA_Zidan Akbar Al Hafis_2002311011.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (383kB)

Abstrak

Screw conveyor merupakan sebuah alat berbentuk spiral yang diputar oleh motor secara horizontal (180°), miring (45°), maupun vertikal (90°) untuk memindahkan sebuah material seperti pasir, jagung, dan lainnya. Alat ini digunakan bukan hanya untuk memindahkan tetapi berfungsi untuk melakukan pencampuran material. Dalam perancangan ini, tipe screw conveyor yang digunakan adalah screw conveyor vertical, dikarenakan tipe ini sangat cocok untuk lingkungan kerja yang sempit dan pengisian tangki pasir lokomotif yang cukup tinggi sehingga tipe screw conveyor ini yang tepat. Perancangan ini dilakukan untuk menggantikan pengisian tangki pasir secara manual menjadi secara mekanik. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang alat screw conveyor dengan kapasitas angkut 100 kg pasir silica, menghitung daya motor yang diperukan dan menghitung waktu pengisian pasir. Metode kajian yang digunakan dalam merancang screw conveyor vertical adalah metode kualitatif dan analisis kebutuhan, yaitu pengambilan data dari workshop Depo Lokomotif Besar A Cipinang pada bagian pemasir Locomotif , kemudian penulis kembangkan lalu mengaplikasikanya dalam satu permodelan dimensi dengan perencanaan dan perhitungan, yang berupa sketsa atau design alat melalui software design serta dapat disimulasikan. Hasil dari perancangan ini kekuatan daya motor untuk memutar alat ini sebesar 0.033 HP dengan torsi 66.5 Rpm dan memperoleh waktu pengisian yang lebih efisien dari pengisian secara manual yaitu hanya 6,3 menit untuk 100 kg.

Kata kunci : Screw conveyor, Depo Lokomotif Besar A Cipinang, Daya motor

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 621 Fisika terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: D3 Zidan Akbar AL Hafis
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:57
Last Modified: 26 Sep 2023 08:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item
View Item