ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN INVESTOR TERHADAP MINAT BERPARTISIPASI DALAM E-IPO PADA PASAR MODAL INDONESIA

1904441039, Muhammad Wafa Wakhid Soedjono (2023) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN INVESTOR TERHADAP MINAT BERPARTISIPASI DALAM E-IPO PADA PASAR MODAL INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Bab 1 + Bab 5 Wafa W Soedjono.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 - Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 - Bab 4))
Bab 2,3,4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
SNAM REPO_ WAFAWS.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (574kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari persepsi risiko, kualitas informasi, dan kepercayaan investor terhadap minat berpartisipasi dalam E-IPO (Electronic Initial Public Offering) pada pasar modal Indonesia. E-IPO merupakan salah satu metode baru dalam proses penawaran saham perusahaan kepada masyarakat yang dilakukan secara elektronik. Dalam konteks pasar modal yang dinamis, faktor-faktor seperti persepsi risiko, kualitas informasi, dan kepercayaan investor dapat menjadi penentu bagi keputusan investor dalam berpartisipasi dalam E-IPO. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah investor individu yang pernah berpartisipasi dalam E-IPO di pasar modal Indonesia. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi para pengambil keputusan di pasar modal Indonesia, terutama bagi perusahaan yang berencana melakukan E-IPO. Perusahaan harus berfokus pada penyediaan informasi yang berkualitas dalam prospektus mereka untuk meningkatkan minat investor. Selain itu, perusahaan juga perlu memahami persepsi risiko dan kepercayaan investor sebagai faktor yang dapat mempengaruhi minat berpartisipasi dalam E-IPO. Dengan memahami faktor-faktor ini, perusahaan dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan komunikasi mereka untuk menarik lebih banyak investor dalam proses E-IPO.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Wafa Wakhid Soedjono
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:39
Last Modified: 31 Aug 2023 03:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item
View Item