RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENITIPAN MOBIL DI BANDARA BERBASIS KOMUNIKASI LONG RANGE (LORA) TERINTEGRASI DATABASE

2003332078, Muhammad Bagus Irwinsyah (2023) RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENITIPAN MOBIL DI BANDARA BERBASIS KOMUNIKASI LONG RANGE (LORA) TERINTEGRASI DATABASE. D3 thesis, Poloteknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas TA] Text (Halaman Identitas TA)
Halaman Identitas TA_Muhammad Bagus Irwinsyah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi TA] Text (Isi TA)
ISI TA_Muhammad Bagus Irwinsyah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal TA] Text (Jurnal TA)
Jurnal_Muhammad Bagus Irwinsyah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (936kB) | Request a copy

Abstrak

Masalah parkir mobil terus menjadi tantangan bagi para pengemudi yang menginginkan penitipan kendaraan yang aman dan efisien. Pada alat tugas akhir ini, penulis berfokus pada parkir mobil di Bandara. Hal ini karena Bandara melayani perjalanan jarak jauh sehingga dibutuhkan tempat parkir mobil yang menyediakan parkir jangka panjang. Sistem ini menggunakan teknologi RFID(Radio Frequency Identification) sebagai identitas kendaraan dan teknologi Long Range (LoRa) untuk mentransmisikan data kendaraan yang masuk dan keluar serta ketersediaan tempat parkir. Dalam sistem ini, terdapat juga web server yang menampilkan informasi kendaraan yang masuk dan keluar, jumlah kendaraan, dan ketersediaan tempat parkir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam proses penitipan mobil di Bandara serta memberikan kenyamanan bagi pengemudi. Pada pengujiannya, fungsi web meliputi fungsi login, fungsi logout, fungsi monitoring, dan fungsi edit data kendaraan telah berjalan dengan baik. Lalu, pengujian RSSI pada pengiriman data LoRa menunjukkan bahwa saat kondisi LOS, data terkirim hingga 350 meter dan saat kondisi Obstacle, data terkirim hanya sampai 250 meter. Untuk pengujian QoS, didapatkan throughput sebesar 8125 bits/s, packet loss sebesar 0.13 %, dan delay sebesar 126,745 ms, dan termasuk kategori sangat bagus.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Muhammad Bagus Irwinsyah
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:31
Last Modified: 30 Aug 2023 05:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14525

Actions (login required)

View Item
View Item