RANCANG BANGUN PEMETAAN STATUS GIZI BALITA BERBASIS WEB DENGAN ALGORITMA K-MEANS

1907411007, Rumika Damayanti Mariani Sitohang (2023) RANCANG BANGUN PEMETAAN STATUS GIZI BALITA BERBASIS WEB DENGAN ALGORITMA K-MEANS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 - Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 - Tinjauan Pustaka)
ISI BAB2-BAB4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Status gizi merupakan suatu ukuran kondisi kesehatan seseorang yang dilihat dari makanan yang dikonsumsi. Pelaksanaan pemantauan gizi atau surveilans gizi pada Puskesmas diawali dengan melakukan pendataan dan pelaporan status gizi balita dengan sistem Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM), proses pencatatan tersebut harus menginput data balita tiap posyandu sehingga proses membutuhkan waktu lama sampai setiap posyandu sudah melakukan pengukuran tiap balita. Selanjutnya, data tersebut diolah dan dianalisis dengan Excel untuk menghasilkan sebuah laporan informasi kesehatan berupa data status gizi balita tiap posyandu yang dilaporkan ke dinas kesehatan. Pada proses terakhir yaitu diseminasi yaitu pengambilan keputusan untuk tindak lanjut melakukan program perbaikan gizi. Proses surveilans gizi masih memiliki kendala motivasi dan kinerja menjadi tidak optimal seperti keterlambatan pelaporan dan pembinaan karena semua proses pelaksanaan hanya dilakukan oleh seorang petugas gizi puskesmas. Puskesmas membutuhkan sebuah sistem klasterisasi data status gizi balita tiap posyandu untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan pemantauan kesehatan gizi tiap posyandu sehingga memperoleh sebuah informasi untuk membantu petugas gizi meprioritaskan posyandu untuk program pelayanan perbaikan gizi demi tercapainya peningkatan kesehatan gizi balita di Puskesmas Abadijaya. Pemetaan menggunakan algoritma K-Means menghasilkan empat cluster yaitu wilayah kondisi gizi balita baik, akut, kronis, akut-kronis dengan presentase keberhasilan sistem 100 persen dan hasil pengujian usability sistem menggunakan UMUX menghasilkan skor 81,3 dan UMUX-Lite menghasilkan skor 77,7.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Rumika Damayanti Mariani Sitohang
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:30
Last Modified: 30 Aug 2023 02:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item
View Item