STRATEGI PEMASARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA BANK BJB KC MARGONDA DEPOK GUNA MENDUKUNG KEMAJUAN UMKM DI ERA DIGITAL

2004321017, Intan Kartika Sari (2023) STRATEGI PEMASARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA BANK BJB KC MARGONDA DEPOK GUNA MENDUKUNG KEMAJUAN UMKM DI ERA DIGITAL. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir_Intan Kartika Sari.pdf] Text
Halaman Identitas Tugas Akhir_Intan Kartika Sari.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Tugas Akhir_Intan Kartika Sari.pdf] Text
Isi Tugas Akhir_Intan Kartika Sari.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Perkembangan teknologi dan era digital telah membawa perubahan signifikan dalam persaingan bisnis saat ini. Dalam konteks ini, Bank BJB berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran yang efisien dan praktis. Melalui edukasi, sosialisasi, dan kegiatan promosi, Bank BJB berhasil meningkatkan kesadaran dan minat nasabah serta UMKM terhadap QRIS. Bank BJB fokus pada pemberian informasi tentang manfaat dan keuntungan penggunaan QRIS, serta memberikan dukungan teknis kepada nasabah dan UMKM. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank BJB berhasil meningkatkan adopsi QRIS, memperluas pangsa pasar di sektor UMKM, dan menjadikan QRIS sebagai pilihan populer dalam pembayaran bagi pelaku usaha. Kendati menghadapi kendala internal seperti keterbatasan SDM dan eksternal seperti nasabah yang masih awam dan keterbatasan teknologi, Bank BJB berhasil mengatasi kendala tersebut melalui upaya edukasi, promosi, dan peningkatan keterampilan tim pemasaran. Keberhasilan implementasi strategi pemasaran QRIS oleh Bank BJB membawa manfaat signifikan bagi nasabah dan UMKM, serta menunjukkan komitmen dan keterampilan dalam memasarkan QRIS sebagai metode pembayaran yang inovatif dan menguntungkan.
Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah, Pemasaran, QRIS

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: AMD INTAN KARTIKA SARI
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:31
Last Modified: 01 Sep 2023 04:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14483

Actions (login required)

View Item
View Item