IMPLEMENTASI APLIKASI ANDROID UNTUK MONITORING SISTEM HIDROPONIK DI LAB TIK POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

1807421021, Mustofa (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ANDROID UNTUK MONITORING SISTEM HIDROPONIK DI LAB TIK POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas(Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Abstrak, Bab1, Bab5, Daftar Pustaka, Riwayat Hidup)] Text (Halaman Identitas(Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Abstrak, Bab1, Bab5, Daftar Pustaka, Riwayat Hidup))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah(Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah(Jurnal))
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (304kB)

Abstrak

Tanaman hidroponik merupakan salah satu metode bertanam tanpa menggunakan media tanah yang semakin populer di kalangan petani modern. Dalam konteks penelitian ini, fokus diletakkan pada pengembangan aplikasi android untuk monitoring faktor-faktor penting seperti kelembapan, suhu, nutrisi, dan pH pada tanaman hidroponik di laboratorium Teknologi Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi yang mampu monitoring secara real-time kondisi tanaman hidroponik, serta mengotomatisasi pemberian nutrisi dan pH. Aplikasi ini akan membantu para pengguna dalam mengoptimalkan pertumbuhan tanaman hidroponik dengan memastikan kondisi lingkungan yang tepat. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi pustaka, analisis kebutuhan sistem, perancangan perangkat keras dan perangkat lunak, serta pengujian dan evaluasi kinerja sistem. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Android Studio sebagai media pemprograman untuk rancangan aplikasi android, lalu firebase sebagai layanan penyimpanan data serta penghubung aplikasi dengan sistem embedded. Hasil dari peneliti ini adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses secara mudah melalui smartphone yang berbasis Android. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box Testing dimana setiap fungsi pada aplikasi akan di uji untuk mengetahui eror atau kesalahan. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi mendapatkan skor persentase 96% dan 83,3% dari hasil responden pengelola aplikasi ini telah memenuhi kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Hidroponik, Aplikasi Android, Black Box Testing, firebase

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Mustofa Ismail
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:49
Last Modified: 30 Aug 2023 01:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item
View Item