RANCANG BANGUN WEBSITE PEMBELIAN E-TICKET DESA WISATA MEGAMENDUNG

1903421030, Ester Monica (2023) RANCANG BANGUN WEBSITE PEMBELIAN E-TICKET DESA WISATA MEGAMENDUNG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)] Text (Manuskrip artikel ilmiah (jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (870kB)

Abstrak

Pengembangan pariwisata berbasis digital semakin menjadi fokus dalam era modern ini. Dalam era digital yang semakin maju, website menjadi salah satu alat yang sangat efektif untuk mempromosikan destinasi wisata dan sebagai platform untuk pembelian tiket secara online termasuk dalam sektor pariwisata. Saat ini Desa Wisata Megamendung melakukan promosi wisata hanya melalui media sosial dan untuk pembelian tiket masih dilakukan secara manual. Selain itu, pengelolaan data pembelian tiket juga masih dilakukan secara manual sehingga proses pendataan cukup memakan waktu. Oleh karena itu, untuk memperluas jangkauan dalam mempromosikan wisata, mempermudah pembelian tiket wisata, dan mempermudah pengelolaan data maka dibuat website Desa Wisata Megamendung. Website dirancang dengan framework laravel dan bahasa pemograman seperti HTML, CSS, Javascript, PHP sebagai antarmuka yang didukung dengan MySQL sebagai database. Pada website ini terdapat 3 aktor yang dapat berinteraksi dengan website yang terdiri dari user (customer), admin, dan manager. Pada sisi user dapat melakukan pemesanan tiket, sedangkan validasi tiket yang akan digunakan dilakukan di sisi manager. Sementara itu, pada sisi admin dapat dilakukan pemantauan riwayat, pembelian tiket dan status pembayaran yang terintegrasi dengan payment gateway Midtrans. Serta dapat dilakukan perubahan data dari halaman website. Pengujian website dilakukan sesuai standar ISO 25010 yang terdiri dari beberapa aspek, yaitu aspek functional suitability dan portability yang memperoleh kategori sangat layak dengan persentase nilai sebesar 100%, aspek performance efficiency memperoleh kategori butuh pengembangan dengan nilai sebesar 83,43, aspek usability memperoleh rating good dengan nilai sebesar 73, aspek security memperoleh kategori nilai A, dan aspek compatibility memperoleh kategori layak dengan nilai sebesar 75%. Pengujian Penerimaan Kontrak (CAT) memastikan bahwa semua persyaratan perusahaan telah dipenuhi dengan baik, mencapai tingkat pemenuhan seratus persen. Kemudian, berdasarkan pengujian yang dilakukan, proses pemesanan dan pembayaran tiket Desa Wisata Megamendung secara online berhasil dilakukan melalui website melalui payment gateway Midtrans. Hasil ini dibuktikan dengan pengujian pembayaran yang telah dilakukan dan hasil pembayaran diterima dengan sukses oleh midtrans milik Desa Wisata Megamendung.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Ester Monica
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:15
Last Modified: 29 Aug 2023 07:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item
View Item