Rancang Bangun Website UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Kota Pariaman

1903421006, Zavira Zaharnis (2023) Rancang Bangun Website UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Kota Pariaman. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (797kB)

Abstrak

Website UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, bertujuan mengedukasi masyarakat dan wisatawan mengenai pentingnya konservasi sumber daya kelautan perikanan. Penelitian ini menekankan perancangan dan uji coba website dengan berbagai aspek kualitas, serta menerapkan Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk memvisualisasikan zona konservasi. Fokusnya adalah memastikan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah tersebut. Metode penelitian mencakup pengujian sistem web, termasuk fungsional, performa, interface, keamanan, kompatibilitas, serta pembayaran melalui payment gateway midtrans. Data yang diperoleh diolah dengan standar pengujian web dan tools yang relevan. Hasil pengujian mengindikasikan kualitas website yang tinggi. Semua fungsi bekerja sesuai rencana dengan tingkat kelayakan 100%. Performa website dinilai baik, dengan rata rata 75.8 dalam pengujian GTMetrix, dan interface memiliki kegunaan yang sangat baik (81.08) menurut metode SUS. Keamanan website mendapat penilaian sangat baik (A+) dari ImmuniWeb, dan kompatibilitas yang memadai (81%-100%) di berbagai browser dan perangkat. Penerapan teknologi Leaflet.js dalam memproses data geospasial berhasil menghasilkan peta web yang menggambarkan tiga zona konservasi sesuai ketentuan. Pengujian pembayaran melalui gateway juga berhasil, memungkinkan pembayaran online. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa website UPTD KPSDKP yang dibangun dapat berfungsi dengan baik dan memenuhi standar web testing.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Zavira Zaharnis
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:48
Last Modified: 29 Aug 2023 05:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item
View Item