RANCANG BANGUN ALAT SMOKER DETECTION SYSTEM BERBASIS LORA PADA BILIK TOILET PESANTREN YATAMA AZ-ZIKRA

1903421005, Mochamad Rifaldi (2023) RANCANG BANGUN ALAT SMOKER DETECTION SYSTEM BERBASIS LORA PADA BILIK TOILET PESANTREN YATAMA AZ-ZIKRA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (448kB)

Abstrak

Perilaku merokok tidak hanya ada di zona sekolah non pesantren, tetapi juga ditemukan di sekolah pesantren. Walaupun dalam pesantren terdapat aturan dilarang merokok, masih banyak santri yang merokok secara sembunyi, dimana salah satu tempat yang paling sering dijadikan tempat merokok mereka adalah di dalam toilet asrama dan perilaku tersebut merupakan suatu pelanggaran. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang alat pendeteksi asap rokok yang dapat membantu para pengajar atau pengawas dalam melakukan pengawasan terhadap para santri yang sembunyi merokok di toilet. Alat yang dibuat menggunakan sensor CO dan sensor CO2 sebagai sensor pendeteksi keberadaan asap rokok. Dalam upaya pembuatan peringatan indikasi adanya asap rokok maka dibuat smoker alarm system yang dapat memberikan peringatan kepada pengawas pesantren apabila ada indikasi keberadaan asap rokok pada suatu bilik toilet. Pada proses pengiriman data digunakan modul LoRa. Untuk data yang telah diambil dari sensor selanjutnya akan dikirim menuju database firestore menggunakan protocol MQTT dan menggunakan Node-RED sebagai pemrograman. Sistem ini dapat melakukan pengiriman data sampai radius 180 meter dengan kondisi NLOS. Pada pengujian sensor CO dan CO2 dihasilkan perbedaan nilai konsentrasi gas ketika sensor tidak dipengaruhi adanya asap dengan sensor ketika diberikan pengaruh adanya asap. Node transmitter dengan menggunakan fungsi deep sleep mendapatkan penambahan waktu operasional sebesar 79,8 %.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Mochamad Rifaldi
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:03
Last Modified: 29 Aug 2023 01:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item
View Item