RANCANG BANGUN SISTEM SISTEM KENDALI KUALITAS UDARA MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

2003332064, Rosnabila Enggar Pawening (2023) RANCANG BANGUN SISTEM SISTEM KENDALI KUALITAS UDARA MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (910kB)

Abstrak

Udara bersih dan sehat merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi bagi makhluk hidup. Udara yang bersih menunjukkan kondisi lingkungan yang sehat dan mampu mendukung kenyamanan manusia untuk melakukan aktivitasnya. Akan tetapi udara dapat tercemar dengan adanya polutan seperti asap, debu, dan zat zat beracun seperti CO2, CO, dan lain-lain dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan bagi manusia. Untuk memastikan Kesehatan udara di tempat tinggal dibutuhkan alat seperti Sistem Kendali Kualitas Udara untuk mendeteksi udara kotor dan debu serta menjadi kendali kualitas udara. Alat dibuat dengan menggunakan sensor MQ 135 untuk mendeteksi indikator udara tidak sehat, sensor GP2Y1010AU0F untuk kepekaan debu, dan menambahkan filter H13 atau filter HEPA untuk menyaring udara kotor. Hasil pembacaan sensor-sensor kemudian dikirimkan melalui ESP32 ke Firebase Realtime untuk kemudian ditampilkan pada layer aplikasi android. Selain menampilkan hasil pembacaan sensor, aplikasi yang dibuat juga mampu mengontrol relay untuk kipas pada alat. Pada hasil pengujian aplikasi didapatkan hasil pengujian integrasi yang baik dan mampu menampilkan fungsi serta fitur-fitur dengan baik. Pada uji QoS didapatkan hasil yang baik pada pengujian dengan jaringan hotspot sedangkan VSAT kurang memadai.
Kata kunci: Udara, Debu, Sensor, Android Studio, Firebase

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Unnamed user with email rosnabila.enggarpawening.te20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:08
Last Modified: 28 Aug 2023 06:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item
View Item