RANCANG BANGUN SISTEM PEMILIHAN KETUA RW BERBASI IoT MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

2003332019, Mughni Tabroni (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PEMILIHAN KETUA RW BERBASI IoT MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Bagian Identitas Tugas Akhir dan Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Tugas Akhir dan Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman_Identitas_Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal )] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal ))
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (943kB)

Abstrak

Rukun Warga merupakan bagian dari lembaga kemasyarakatan desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Seorang Ketua Rw dipilih melalui pemungutan suara seperti pemilu yang dilaksanakan selama 5 tahun sekali. Namun untuk pelaksanaannya masih manual sehingga tidak efektif secara waktu dan biaya. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sistem pemilihan ketua Rw berbasis IoT yang terintegrasi ke Apikasi android, sehingga dapat mengurangi masalah efektifitas waktu dan biaya. Dengan menggunakan modul PN532 sebagai Pembaca UID yang ada pada E-KTP sebagai identitas untuk melakukan pemilihan. Data tersebut akan dikirim ke mikrokontroler ESP32. Selanjutnya, Mikrokontroler ESP32 akan mengirim data UID ke Firebase sebagai database. Pada saat akan melakukan pemilihan E-KTP kembali dibaca oleh modul PN532 yamg selanjutnya dikirimkan ke mikrokontroler ESP32, sehingga ESP32 akan membaca data dari firebase dan mencocokandengan data UID yang dibaca, jika pembacaan UID ada pada database firebase maka pemilihan bisa dilakukan dengan cara menekan pushbutton dan LED sebagai indikator akan menyalah yang mana ini terintegrasi ke ESP32. Data UID yang terbaca akan tampil pada OLED, pembacaan UID E-KTP oleh sensor PN532 memiliki jarak ±5cm pembacaan dari sensor ke E-KTP.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Mughni Tabroni
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:18
Last Modified: 28 Aug 2023 07:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item
View Item