RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) BERBASIS WEB DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

1907412017, Kentaro Aksyal Daval Darmawan (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) BERBASIS WEB DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab2-Bab4] Text (Bab2-Bab4)
Pages from Skripsi - Kentaro Aksyal V4.6.1. watermark(1) - ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Artikel Jurnal - Kentaro Aksyal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)
[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi] Text (Bagian Identitas Skripsi)
Pages from Skripsi - Kentaro Aksyal V4.6.1. watermark(1)- IDENTITIAS.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah kebijakan dari Kemendikbud Ristek yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah dan kegiatan di luar program studi guna menguasai berbagai keilmuan yang relevan untuk dunia kerja. Dalam pelaksanaan tahap program MBKM yang ketiga, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) telah menarik partisipasi 359 mahasiswa. Meskipun memberikan dampak positif tetapi program ini menghadapi beberapa kendala seperti penyampaian informasi yang tidak mencakup semua mahasiswa, kesalahan format pengunggahan dokumen dan kesulitan dalam konversi Satuan Kredit Semester (SKS) bagi dosen yang menilai mahasiswa di luar bidang studi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (SI MBKM) Berbasis Web di Politeknik Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode waterfall dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengkodean dan pengujian sistem. Berdasarkan hasil pengujian blackbox didapatkan hasil bahawa seluruh fungsi pada sistem tekah berhasil diuji dan berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat membantu program MBKM di PNJ dapat berjalan lebih efisien dan memberikan manfaat yang lebih maksimal bagi seluruh pihak yang terlibat dimana sistem informasi ini terintergrasi dengan sistem akademik SPIRIT PNJ sehingga akan memudahkan pengelolaan data terkait program MBKM.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Kentaro Aksyal Daval Darmawan
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:54
Last Modified: 29 Aug 2023 05:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item
View Item