MODEL PENCATATAN TRANSAKSI DAN PELAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (STUDI KASUS UMKM KOPSUR COFFEE)

1904431037, Veni Sawalti (2023) MODEL PENCATATAN TRANSAKSI DAN PELAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (STUDI KASUS UMKM KOPSUR COFFEE). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (13MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
ARTIKEL SNAM 2023 - VENI SAWALTI (1904431037).pdf

Download (775kB)

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Objek penelitian ini adalah pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan UMKM Kopsur Coffee. Jenis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa dokumen dari Kopsur Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Kopsur Coffee belum melakukan pencatatan transaksi yang sesuai dengan prinsip akuntansi dan belum melakukan pelaporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Hal ini dikarenakan kurangnya kompetensi sumber daya manusia mengenai ilmu akuntansi. Sebagai solusi atas permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini, penulis membuat model pencatatan transaksi sesuai dengan prinsip akuntansi yang meliputi jurnal umum untuk mencatat transaksi serta buku besar untuk melakukan posting akun-akun yang terkait dengan transaksi. Kemudian membuat laporan keuangan yang meliputi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, dan catatan atas laporan keuangan. Dengan diterapkannya model pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi, diharapkan UMKM Kopsur Coffee dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangannya. Selain itu, laporan keuangan yang akurat dan teratur dapat menjadi informasi sebagai dasar pengambilan keputusan dalam penentuan strategi usaha serta membantu Kopsur Coffee dalam memperoleh informasi mengenai kinerja keuangan usaha.
Kata Kunci: UMKM, Transaksi, Laporan Keuangan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: VENI SAWALTI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:05
Last Modified: 30 Aug 2023 07:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item
View Item