IMPLEMENTASI PERANGKAT RUCKUS SWITCH DAN RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING JARINGAN LAN PT X TERINTEGRASI TELEGRAM

1903421041, Raviadin Nugroho (2023) IMPLEMENTASI PERANGKAT RUCKUS SWITCH DAN RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING JARINGAN LAN PT X TERINTEGRASI TELEGRAM. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (12MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Di era digital saat ini kebutuhan informasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting terutama untuk suatu perusahaan. Penerapan teknologi jaringan Local Area Network (LAN) menggunakan Ruckus Switch merupakan salah satu solusi yang tepat untuk PT X yang baru saja mendirikan perusahaannya dalam melakukan pertukaran dan pengelolaan data yang membutuhkan jaringan. LAN yang didirikan pada PT X setelahnya harus dijaga kestabilan kinerja jaringannya dengan sistem yang dapat me-monitoring serta mengirimkan notifikasi secara realtime saat terjadi gangguan. Pada penelitian ini dilakukan implementasi perangkat Ruckus Switch pada jaringan LAN PT X dalam menunjang kebutuhan jaringan dan membangun sistem monitoring menggunakan teknologi Zabbix yang terintgerasi Telegram serta web visualisasi sistem informasi jaringan jaringan untuk memantau visualisasi kondisi jaringan LAN PT X secara realtime. Pada penelitian LAN menggunakan perangkat Ruckus Switch berhasil diimplementasikan. Pengujian pada network system check menunjukkan hasil passed pada semua elemen di setiap switch. Pengujian connection test ke arah intranet dan internet pun menunjukkan keberhasilan pada 30 percobaan yang dilakukan. Pengujian notifikasi Telegram pada perangkat switch, firewall dan server dilakukan 10 kali percobaan ketika problem dan resolved dengan hasil notifikasi berhasil terkirim untuk semua percobaan. Pengujian analisa grafik kinerja jaringan menghasilkan parameter good pada setiap grafik yang diamati. Pengujian CAT aspek user interface memperoleh hasil “Sangat Setuju” sebesar 78,12 persen, aspek proses pada sistem hasil “Setuju” sebesar 87,5 persen dan aspek fungsinalitas sistem hasil “Sangat Setuju” sebesar 65 persen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Raviadin Nugroho
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:45
Last Modified: 28 Aug 2023 01:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item
View Item