Rancang Bangun Sistem Monitoring Penyiraman Otomatis Untuk Tanaman Berbasis Arduino dengan Menggunakan Sumber Energi Photovoltaic

1903431011, Athiyyah Kirana Putri (2023) Rancang Bangun Sistem Monitoring Penyiraman Otomatis Untuk Tanaman Berbasis Arduino dengan Menggunakan Sumber Energi Photovoltaic. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagaian identitas Skripsi & Pembukaan, dan Penutup] Text (Bagaian identitas Skripsi & Pembukaan, dan Penutup)
JUDUL, PENDAHULUAN & PENUTUP_ATHIYYAH.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 & Bab 4] Text (Bab 2 & Bab 4)
ISI BAB 2 - BAB 4_ATHIYYAH KIRANA PUTRI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal dan PMTQ] Text (Jurnal dan PMTQ)
JURNAL_PNJ_ATHIYYAH KIRANA PUTRI.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (704kB)

Abstrak

Penyiraman tanaman dilakukan secara manual dinilai kurang efektif baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya. Berdasarkan hal tersebut, sistem ini bertujuan untuk memudahkan manusia dalam menyiram tanaman dengan lebih efektif dan efisien. Photovoltaic System digunakan untuk menyuplai listrik pada alat ini. Sistem penyiram tanaman otomatis menggunakan sensor soil moisture untuk mendeteksi nilai kelembaban tanah, selanjutnya data kelembaban yang diperoleh diteruskan ke arduino uno untuk menghidupkan relay agar pompa dapat menyala dan menyirami tanaman. Saat kondisi tanah kering, alat ini dapat menyirami tanaman secara otomatis. Sedangkan ketika kondisi tanah basah, sensor akan mendeteksi nilai kelembaban tanah dan data hasil pembacaan sensor diteruskan ke relay untuk mematikan pompa sehingga dapat berhenti menyirami tanaman. Hasil dari sistem monitoring ini adalah pengukuran dari setiap sensor yang diproses secara langsung dan ditampilkan pada kondisi realtime.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Athiyyah Kirana Putri
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:44
Last Modified: 28 Aug 2023 01:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item
View Item