SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KOTA DEPOK DENGAN METODE SMART BERBASIS WEBSITE

1907411011, Alifah Fadiyah (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KOTA DEPOK DENGAN METODE SMART BERBASIS WEBSITE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
(Halaman Identitas, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, Lampiran) 1907411011_Alifah Fadiyah_Laporan Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
(Bab 2 - Bab 4) 1907411011_Alifah Fadiyah_Laporan Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskip_1907411011_Alifah Fdaiyah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (922kB)

Abstrak

Kemiskinan yang melanda masyarakat Indonesia menjadi suatu masalah yang di hadapi oleh pemerintah. Salah satu upaya pemerintah dalam rangka mengatasi kemiskinan yaitu mengadakan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan yang disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM). Oleh karena itu, dibutuhkan adanya sistem pendukung keputusan untuk menentukan calon penerima bantuan PKH. Penelitian ini menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yaitu metode pengambilan keputusan multi kriteria. Penelitian ini dilakukan untuk mencari nilai terbaik dari setiap calon penerima, kemudian dilakukan proses pengurutan peserta yang akan menentukan nilai tertinggi, yaitu masyarakat yang berhak mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembuatan sistem berbasis website. Pada penelitian dilakukan dua pengujian, yaitu pengujian Alpha dan pengujian Beta. Hasil pengujian Alpha menunjukkan semua fungsionalitas sistem sudah berjalan dengan tepat. Hasil pengujian Beta menunjukkan presentase rata-rata sebesar 85.15 persen sehingga sistem pendukung keputusan yang dibuat sudah cukup baik dan sesuai kebutuhan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Alifah Fadiyah
Date Deposited: 27 Aug 2023 08:13
Last Modified: 27 Aug 2023 08:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item
View Item