Pemrograman Monitoring dan Dataloger Sensor Multinode

2003321093, AKBAR TONGLO (2023) Pemrograman Monitoring dan Dataloger Sensor Multinode. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Awal,Bab 1, Bab 5, Lampiran] Text (Awal,Bab 1, Bab 5, Lampiran)
Awal,Bab 1, Bab 5, Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4] Text (Bab 2 s.d Bab 4)
Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (885kB)

Abstrak

Laporan ini membahas tentang pemrograman, pengembangan, dan implementasi sistem monitoring dan datalogger untuk sensor multinode. Sensor multinode digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai lokasi dalam jaringan yang kompleks. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk merancang solusi yang efisien dan handal guna mengumpulkan, merekam, dan menganalisis data sensor secara real-time Dalam laporan ini, penulis menjelaskan tentang proses pemrograman dan pengembangan perangkat lunak yang mampu menghubungkan, mengelola, dan memproses data dari sensor multinode. Metode ini mencakup pengaturan jaringan, pengiriman data melalui protokol komunikasi yang sesuai, serta penyimpanan data dalam format yang mudah diakses dan dianalisis. Selain itu, laporan ini juga membahas tentang antarmuka pengguna yang dikembangkan untuk memonitor dan mengontrol sistem. Antarmuka ini memberikan visualisasi data sensor dalam bentuk grafik dan tampilan yang mudah dipahami, sehingga memudahkan operator dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh sensor multinode. Dengan adanya solusi ini, diharapkan akan tercapai pengawasan yang lebih baik terhadap lingkungan yang kompleks dan beragam.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: AKBAR TONGLO
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:29
Last Modified: 28 Aug 2023 01:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13820

Actions (login required)

View Item
View Item