Pengembangan Sistem Counting PCB Menggunakan Sensor Photoelectric Auto Mounting Plant Business Unit Audio

2003321059, Muhammad Dicki Isrovi (2023) Pengembangan Sistem Counting PCB Menggunakan Sensor Photoelectric Auto Mounting Plant Business Unit Audio. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sampai dengan Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 sampai dengan Bab 4))
Isi (Bab 2 - Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pengembangan Sistem Counting PCB Menggunakan Sensor Photoelectric Auto Mounting Plant pada Business Unit Audio ini merupakan sistem yang dikembangkan untuk menghitung PCB yang telah terproduksi. Selain itu, sistem ini juga berguna untuk memberikan informasi terkait proses produksi PCB tersebut. Dengan adanya sistem ini pada area Auto Mounting Plant, dapat memberikan informasi mengenai data yang kurang terdata dengan baik sebelumnya dan juga mengurangi adanya kesalahan terhadap informasi mengenai proses produksi PCB. Sistem ini dirancang dengan mengimplementasikan sensor photoelectric panadac 919 yang ditempatkan pada line produksi SMT 1, 2, dan 3. Pada sistem ini digunakan kontroller dan mikrokontroller untuk menghubungkan ke aplikasi windows untuk menampilkan perhitungan PCB. Kontroller yang digunakan adalah PLC Omron CP1E N20DRA. Arduino Uno digunakan sebagai mikrokontroller pada sistem ini. Selain itu juga, module relay dan buzzer digunakan pada sistem ini sebagai alarm ketika sensor tidak mendeteksi PCB selama 20 menit. Pada sistem ini program arduino uno saling terintegrasi dengan program aplikasi windows untuk menampilkan hasil perhitungan PCB, integrasi ini dibutuhkan untuk saling menukar data hasil deteksi dari sensor photoelectric. Data yang dihasilkan dari pendeteksian sensor ini adalah sinyal dengan tegangan rendah atau LOW. Adanya pengembangan ini diharapkan dapat memudahkan dan meningkatkan efisiensi dalam mendapatkan informasi dan pengambilan keputusan, serta dapat mengurangi adanya kesalahan dalam informasi mengenai proses produksi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 683 Produksi perangkat keras dan peralatan rumah tangga
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Muhammad Dicki Isrovi
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:27
Last Modified: 28 Aug 2023 01:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13809

Actions (login required)

View Item
View Item