IMPLEMENTASI LOADCELL HX711 DAN SISTEM SOLENOID VALVE PADA PROTOTIPE MESIN FILLING OLI BERBASIS ARDUINO UNO

2003321094, Bahrul Ulum Pamungkas (2023) IMPLEMENTASI LOADCELL HX711 DAN SISTEM SOLENOID VALVE PADA PROTOTIPE MESIN FILLING OLI BERBASIS ARDUINO UNO. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
BAB I & BAB V PROTOTIPE MESIN FILLING OLI BERBASIS ARDUINO UNO.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
BAB II & BAB IV PROTOTIPE MESIN FILLING OLI BERBASIS ARDUINO UNO.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (660kB)
[thumbnail of Mauskrip] Text (Mauskrip)
Draft Artikel_PROTOTIPE MESIN FILLING OLI BERBASIS ARDUINO UNO.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (568kB)

Abstrak

Loadcell merupakan sensor beban / berat yang ketika tekanan atau beban diterapkan, hambatan listrik akan berubah sebagai respons terhadap tekanan yang diterapkan ini dan dengan mengambil informasi ini dan setelah beberapa kalibrasi kita dapat menentukan bobot yang tepat. Load cell seperti ini datang dalam batas berat yang berbeda, yang akan kita gunakan hari ini diberi peringkat hingga 5KG, tetapi Anda bisa mendapatkan yang lain yang akan mendukung lebih banyak berat jika diperlukan.
Sedangankan HX711 Perubahan resistansi listrik yang disediakan oleh Load Cell perlu diperkuat sehingga dapat dibaca oleh Arduino. Itulah yang dilakukan board HX711. Itu membaca informasi dari Load Cell, memperkuat sinyal dan kemudian mengirimkannya ke Arduino untuk diproses. Load Cell pada umumnya memiliki empat kabel untuk menghubungkan HX711 ke mikrokontroler seperti Arduino.
Solenoid valve ¼ inch 24v. Katup solenoid atau Solenoid valve adalah katup yang memanfaatkan kumparan atau selenoida agar dapat dikendalikan oleh arus listrik. Komponen ini mengkonversi energi listrik menjadi energi mekanik dengan memanfaatkan peristiwa elektromagnetik yang terjadi pada kumparan. Besar dari medan magnet yang dihasilkan sangat bergantung pada jumlah lilitan dan juga panjang dari solenoid.
Jadi loadcell HX711 dan Solenoid Valve ini akan beroperasi berasamaan untuk loadcell HX711 diinputkan ke power supply menggunakan penurun tegangan dan solenoid valve akan diinputkan ke power supply 24v. dengan begitu loadcell dan solenoid dapat bekerja secara bersamaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Bahrul Ulum Pamungkas
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:23
Last Modified: 28 Aug 2023 01:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13780

Actions (login required)

View Item
View Item