RANCANGBANGUN ALAT PENDETEKSI VOLUME AIR PADA PRODUK PUTOI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

2003321033, Mutiara Andini (2023) RANCANGBANGUN ALAT PENDETEKSI VOLUME AIR PADA PRODUK PUTOI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ISI Bab 2 - Bab 4] Text (ISI Bab 2 - Bab 4)
ISI BAB 2 -BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Quality control merupakan sistem pengecekan kualitas terhadap sebuah barang atau produk pada sebuah produksi dan dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, untuk menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Quality control bertujuan untuk mengecek kerusakan pada barang sehingga mampu meningkatkan kualitas dan mutu produk yang di produksi. Atas dasar hal tersebut untuk meningkatkan mutu dan kualitas air kemasan pada produksi putoi Politeknik negeri Jakarta, sistem ini diimplementasikan dalam bentuk alat quality control yang mampu mendeteksi kesalahan produksi yang terjadi pada plan industri PUTOI Politeknik Negeri Jakarta. Menggunakan photoelectric sensor yang dapat mendeteksi ketinggian air, dengan cara menembakan sinar laser menembus melalui leher botol sehingga memiliki dua kondisi, yaitu lurus mengenai sensor atau terbias oleh air dalam botol, dengan begitu kita memiliki dua kemungkinan yang dimana ketika sinar menembus leher botol maka dapat dipastikan produk tidak sesuai dengan standar, dan ketika sinar terbias oleh air dan tidak mengenai sensor dapat dipastikan ketinggian air sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Alat ini didukung dengan photoelectric sensor yang sangat sensitif sehingga dibutuhkan tempat yang tidak dapat mendistraksi cahaya yang masuk kedalam sensor, sehingga pembacaan akan lebih akurat. Ketepatan dan keakuratan sensor ini dalam mendeteksi produk sebesar 100%. Ketepatan sistem pendeteksian maksimal sebesar 90%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: D3 mutiara andini
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:21
Last Modified: 28 Aug 2023 01:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item
View Item