Perancangan Program PLC dan SCADA Pada Plant HVAC

1903411026, Subhan Faisal Mu'affi (2023) Perancangan Program PLC dan SCADA Pada Plant HVAC. S2 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d 4] Text (Bab 2 s/d 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (677kB) | Request a copy

Abstrak

Sistem HVAC (Heating, Ventilation and Air Conditioning) adalah teknologi yang bertanggung jawab untuk mengatur suhu, kelembaban, sirkulasi udara dan kondisi lingkungan di gedung, kompleks atau pabrik industri. Tujuannya adalah untuk menciptakan kenyamanan dan kebersihan bagi penghuni atau karyawan serta menjaga kondisi peralatan dan proses produksi yang optimal. Pemrograman PLC (Programmable Logic Controller) dan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) mengarah pada pengembangan otomatisasi sistem HVAC tingkat lanjut. PLC bertindak sebagai otak utama yang mengontrol logika dan algoritma yang secara efektif mengontrol sistem pemanas, pendingin, kipas, dan distribusi udara. Pada saat yang sama, SCADA bertindak sebagai antarmuka pengguna visual yang menyediakan data real-time dan kemampuan manajemen data dari berbagai perangkat dan sensor sistem HVAC. Dengan cara ini, pengguna dan teknisi dapat memantau dan mengontrol sistem dengan lebih mudah dan efisien. Ketika sistem PLC dan SCADA terintegrasi dalam panel HVAC, panel tersebut menjadi lebih pintar dan lebih adaptif. Mereka dapat mengumpulkan informasi komprehensif tentang kondisi lingkungan dan kinerja sistem untuk membuat keputusan yang lebih cerdas guna meningkatkan efisiensi energi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (S2)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Subhan Faisal Mu'affi
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:28
Last Modified: 25 Aug 2023 08:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13664

Actions (login required)

View Item
View Item