PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK EKOSISTEM E-MOBILITY POLITEKNIK NEGERI JAKARTA PADA PAMERAN TEKNOLOGI INTERNATIONAL HANNOVER MESSE ‘23

1907431030, Alif Karunia Jasman (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK EKOSISTEM E-MOBILITY POLITEKNIK NEGERI JAKARTA PADA PAMERAN TEKNOLOGI INTERNATIONAL HANNOVER MESSE ‘23. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sampai Bab 4] Text (Isi Bab 2 sampai Bab 4)
Bab2-Bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi] Text (Jurnal Skripsi)
Jurnal_Alif Karunia Jasman.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (534kB)

Abstrak

Hannover Messe merupakan pameran teknologi internasional kerja sama antara Kementerian Perindustrian Indonesia dengan Jerman sebagai Official Partner Country. Mengenai hal tersebut, PNJ memiliki kesempatan untuk mengenalkan produk inovatif mereka di industri otomotif, yaitu Ekosistem E-Mobility PNJ sebuah mobil listrik merek PENTA yang merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa dan Dosen Molis. Pameran ini mengusung tema “Making Indonesia 4.0” sehingga produk yang ditampilkan harus dalam bentuk digital (paperless). Berdasarkan hal itu, dibuatlah aplikasi Virtual Reality yang menjadi salah satu pilihan media promosi untuk produk Ekosistem E-Mobility PNJ dalam bentuk model 3D. Produk Ekosistem E-Mobility PNJ yaitu Charging Station, Electric Vehicle, dan Center Of Automotive, model 3D dari produk tersebut dibuat menggunakan software Blender. Kemudian, pengembangan aplikasi menggunakan Unity serta alat Virtual Reality yang digunakan yaitu Smartphone dan VR Box. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil pengujian User menyatakan bahwa Aplikasi Virtual Reality ini dapat membantu mempromosikan Ekosistem E-Mobility PNJ pada pameran Hannover Messe dengan presentase 73.75%. Untuk hasil pengujian yang dilakukan kepada mahasiswa Molis dan sekitar PNJ, sebanyak 16 responden sebagai opini publik dengan presentase 77.56% menyatakan Aplikasi Virtual Reality sudah layak menjadi media promosi PNJ untuk pameran Hannover Messe. Hasil penelitian ini berupa File Aplikasi berektensi .apk dijalankan pada smartphone Android.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 388 Transportasi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Alif Karunia Jasman
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:49
Last Modified: 25 Aug 2023 04:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13567

Actions (login required)

View Item
View Item