Sistem Rfid pada Door Lock sebagai sistem keamanan yang Terintegrasi dengan Aplikasi Android.

2003321080, Ari Dwi Putra (2023) Sistem Rfid pada Door Lock sebagai sistem keamanan yang Terintegrasi dengan Aplikasi Android. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 sd Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip artikel ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (523kB)

Abstrak

Penggunaan RFID Pada Pintu Otomatis Sebagai Sistem Keamanan Menggunakan ESP32 dibuat berdasarkan pengalaman dan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama pada sistem keamanan pintu kosan. Namun, kendala masih terjadi pada sistem pembukaan dan penguncian pintu yang umumnya masih dilakukan secara manual, khususnya di tempat-tempat seperti kos-kosan. Penggunaan kunci fisik seringkali menyebabkan masalah seperti kunci yang hilang atau tertinggal, mengakibatkan ketidakmampuan bagi penghuni kamar untuk masuk. Situasi ini juga berpotensi menyebabkan biaya denda bagi penghuni jika kunci kamar hilang. Maka dibuat alat untuk sistem keamanan pada pintu rumah dengan menggunakan 3 fitur sistem keamanan yang salah satunya yaitu penggunaan RFID sebagai sistem keamanan, sebagai pengaman pada pintu kosan melalui RFID dan tampilan pada aplikasi android. ESP32 menggunakan Firebase sebagai penghubung ke Aplikasi Android untuk mengakses tampilan pada aplikasi serta dilengkapi dengan buzzer sebagai indikator suara, LED hijau sebagai indikator saat pintu terbuka dan LED merah sebagai indikator saat Pintu gagal terbuka. Rancangan alat ini memungkinkan kunci pintu kamar dibuka secara otomatis sehingga hal ini dapat memberikan rasa aman untuk pemilik rumah.

Kata Kunci : Rfid, Solenoid Door Lock, Pintu Otomatis, ESP32, LED

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Ari Dwi Putra
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:50
Last Modified: 25 Aug 2023 03:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item
View Item