PEMROGRAMAN ARDUINO UNO UNTUK MENAMPILKAN NILAI OUTPUT DARI SENSOR PIEZOELEKTRIK TERINTEGRASI MODUL I2C

2003321003, Marissa Agustina Nur Khasanah (2023) PEMROGRAMAN ARDUINO UNO UNTUK MENAMPILKAN NILAI OUTPUT DARI SENSOR PIEZOELEKTRIK TERINTEGRASI MODUL I2C. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Awal, BAB 1, BAB 5, Lampiran] Text (Awal, BAB 1, BAB 5, Lampiran)
Awal, BAB 1, BAB 5, Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s.d BAB 4] Text (BAB 2 s.d BAB 4)
BAB 2 s.d BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurrnal] Text (Jurrnal)
Jurnal Watermark.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (924kB)

Abstrak

Anak tangga energi terbarukan merupakan suatu alat yang menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan tekanan dari pijakan kaki manusia. Pada anak tangga energi terbarukan menggunakan mikrokontroler Arduino UNO yang berfungsi untuk mengolah data berupa tegangan dan arus yang akan dimonitoring menggunakan LCD. Pemrograman Arduino UNO pada anak tangga energi terbarukan terintegrasi LCD membutuhkan beberapa library. Pada software Arduino IDE pemrograman ditulis sesuai koneksi antara pin mikrokontroler dengan pin sensor. Cara kerja program adalah dengan menginisialisasikan pin output sensor. Kemudian mikrokontroler menerima data analog dari sensor. Hasil deteksi yang masih berupa data analog dikonversi menjadi data tegangan dan Arus . Perangkat LCD (Liquid Crystal Display) digunakan sebagai antarmuka untuk menampilkan hasil pengukuran dari sensor piezoelektrik. Data arus dan tegangan ditampilkan secara real-time pada layar LCD, terdapat perbedaan hasil ukur antara sensor dan multimeter. Perhitungan data hasil ukur mendapat rata-rata selisih tegangan sebesar 0.348 V dan Akurasi pada sensor devider sebagai pendeteksi tegangan baterai adalah 97,33%. Tegangan baterai yang digunakan untuk pengujian berkurang hingga 10.95 volt dan kapasitas baterai turun hingga sekitar 72% setelah 100 menit pengujian dengan beban yang berbeda. analisa dan pengujian Pemrograman Arduino Uno pada anak tangga energi terbarukan yang ditampilkan secara realtime menggunakan LCD diperoleh kesimpulan :Data analog sensor devider dapat di konversi menjadi data tegangan(V). Akurasi pada sensor devider sebagai pendeteksi tegangan adalah 97,33%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Marissa Agustina Nur Khasanah
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:48
Last Modified: 25 Aug 2023 03:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item
View Item