Rancangbangun Hardware and Software Control Temperature On The Heating Element

2003321017, Danu Reza Maulana (2023) Rancangbangun Hardware and Software Control Temperature On The Heating Element. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Sampul - Bab I - Bab V - Lampiran] Text (Sampul - Bab I - Bab V - Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II - Bab III - Bab IV] Text (Bab II - Bab III - Bab IV)
isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Saat ini alat kalibrator suhu sudah banyak tersedia di pasaran, akan tetapi alat kalibrator suhu tersebut memiliki harga yang sangat mahal, sehingga beberapa industri tidak mampu untuk membelinya. Oleh sebab itu, perlu adanya alternatif alat kalibrator suhu dengan harga yang lebih murah dan mampu mengkalibrasi suhu dalam rentang yang cukup luas, yaitu mulai dari suhu ambient (suhu ruang) hingga 200ºC. Pada umumnya, Metodologi yang sering digunakan pada alat kalibrator suhu adalah PID sehingga cukup sulit dan membutuhkan waktu dalam melakukan tunning. Karena itu diusulkan dibuat kalibrator suhu dengan menggunakan metode fuzzy. Metode fuzzy adalah sebuah cara untuk mengaktualisasi bahasa lingustik ke dalam logika fuzzy menjadi sebuah system kendali. Logika kendali fuzzy dipetakan ke dalam fungsi keanggotaan input fuzzy dan fungsi keanggotaan output fuzzy. Secara penalaran, metode kendali logika fuzzy lebih mudah dibandingkan dengan kendali PID konvensional. Kalibrator ini dibuat menggunakan arduino uno dan logika fuzzy sebagai kendali sistem. Liquid Bath Calibrator menggunakan 4 buah RTD PT100 yang menghasilkan sinyal output suhu. Alat ini memiliki rentang suhu mulai dari suhu ruang (ambient) hingga 200°C. Berdasarkan data hasil pengujian, Akurasi yang dihasilkan oleh liquid bath calibrator temperature bergantung pada nilai suhu. Semakin tinggi nilai suhunya, maka akurasinya akan semakin melebar hingga 3.2ºC pada suhu 200ºC.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Danu Reza Maulana
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:05
Last Modified: 25 Aug 2023 03:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13387

Actions (login required)

View Item
View Item