PENGARUH TINGKAT MARGIN, PROMOSI DAN CITRA BANK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DI PERBANKAN SYARIAH

1904411007, Lathifah Dini Ishamiyyah (2023) PENGARUH TINGKAT MARGIN, PROMOSI DAN CITRA BANK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DI PERBANKAN SYARIAH. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Judul.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of BAB II s/d BAB IV] Text (BAB II s/d BAB IV)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (608kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Lathifah Dini Ishamiyyah_Artikel SNAM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (185kB)

Abstrak

Tingkat margin yang tergolong tinggi mengakibatkan menurunnya tingkat
kolektabilitas nasabah, hal tersebut menimbulkan persepsi negatif di masyarakat.
Banyaknya produk pembiayaan serupa mendorong perbakan syariah untuk terus
berinovasi serta meningkatkan promosi atas produknya. Tujuan dari penelitian ini
adalah mengetahui pengaruh tingkat margin, promosi, dan citra bank terhadap
keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah di perbankan
syariah, studi kasus produk pembiayaan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia
(BSI). Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan metode analisis regresi linear
berganda menggunakan SPSS 22. Data primer dalam penelitian bersumber dari
kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling
dengan jumlah sampel 100 responden yang merupakan nasabah pembiayaan
murabahah di BSI. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa secara parsial maupun
simultan variabel tingkat margin, promosi dan citra bank berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah
di perbankan syariah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi
perbankan syariah dalam menetapkan kebijakan terkait tingkat margin, serta mengatur
kembali strategi dalam melakukan promosi. Peneliti berikutnya diharapkan dapat
memperluas kembali varibael maupun cangkupan populasi yang diteliti.
Kata kunci: tingkat margin, promosi, citra bank, keputusan nasabah

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Lathifah Dini Ishamiyyah
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:02
Last Modified: 28 Aug 2023 08:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item
View Item