PERANCANGAN SISTEM MONITORING GETARAN DAN SUHU UNTUK SAFETY EMERGENCY SYSTEM PADA POPMPA SENTRIFUGAL BERBASIS IoT

2003321053, Barito Parlindungan Situmorang (2023) PERANCANGAN SISTEM MONITORING GETARAN DAN SUHU UNTUK SAFETY EMERGENCY SYSTEM PADA POPMPA SENTRIFUGAL BERBASIS IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
IDENTITAS.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal WM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pembuatan alat ini bertujuan untuk melakukan monitoring getaran dan suhu pada pompa sentrifugal untuk mencegah terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh getaran dan suhu yang berlebih berbasis Internet of Things (IoT). Objek yang digunakan adalah pompa sentrifugal tipe CPM-130 dengan media air. Dalam pengambilan data menggunakan sensor accelerometer ADXL-345, accelerometer MPU-6050 dan suhu DS18b20. Teknik analisis data yang digunakan yaitu akuisisi data yang didapat dari sensor apakah sinkron dengan data monitoring di web firebase dan MIT-App Inventor secara real-time. Sehingga dapat disimpukan data yang terbaca dari sensor dapat sinkron dari software Arduino IDE, firebase, dan MIT- App Inventor. Dari pengujian alat ini mendapatkan hasil bahwa software Arduino IDE, firebase, dan MIT-App Inventor akan sinkron jika ESP32 mendapatkan jaringan internet stabil dengan maksimal ping 24ms agar data dapat terkirim secara real-time. Terdapat indikator Good, Warning, dan Danger pada alat ini. Ketika kondisi getaran atau suhu melebihi batas Denger maka pada panel akan memberikan indikator alaram dan aplikasi notifikasi suara.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Barito Parlindungan Situmorang
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:01
Last Modified: 24 Aug 2023 06:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item
View Item