IMPLEMENTASI SENSOR ACCELEROMETER UNTUK SAFETY EMERGENCY SYSTEM POMPA SENTRIFUGAL PADA SISTEM MONITORING BERBASIS IoT

Naufaldi, Mas'ud Riziq (2023) IMPLEMENTASI SENSOR ACCELEROMETER UNTUK SAFETY EMERGENCY SYSTEM POMPA SENTRIFUGAL PADA SISTEM MONITORING BERBASIS IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI] Text (ISI)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pompa merupakan sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ketempat lain melewati suatu media pipa dengan metode meningkatan energi pada cairan yang dipindahkan serta berlangsung secara terus menerus. Pompa berkerja dengan prinsip menciptakan perbedaan tekanan pada bagian masuk suction dengan bagian keluar discharge. Pompa jenis ini mempunyai impeller yang berperan dalam mendorong fluida dari tempat yang rendah ketempat yang lebih tinggi atau dari tekanan yang rendah ke tekanan yang lebih tinggi. Terdapat beberapa cara untuk mendeteksi kerusapan yang dapat diterapkan untuk merawat sebuah mesin atau pompa, salah satu cara tersebut, yaitu deteksi getaran dengan standar ISO-10816. Jika suatu mesin pompa mengalami kerusakan pada komponennya penyebabnya yaitu ketidak seimbangan pada komponen yang berputar, ketidak sejajaran motor dan pompa, bearing yang rusak dan tidak sesuai cairan, maka akan menghasilkan peningkatan amplitudo pada frekuensi tertentu. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kerusakan pompa sentrifugal. Dari data pengujian di atas didapat nilai Good dan Warning dengan nilai rata-rata error 31,21% dengan akurasi perbandingan 68,79%, untuk mendapatkan hasil Danger maka sensor ADXL-345 dan MPU-6050 diberikan perlakuan khusus terjadap sensor. Untuk mendeteksi getaran berlebih pada pompa, maka sensor diberikan perlakuan khusus dengan cara sensor ADXL-345 dan MPU-6050 digoyangkan atau digerakan. Pengujian sensor menunjukan adanya selisih dengan rata-rata error 31,21% dengan akurasi perbandingan 68,79%. Pompa dinyatakan layak beroperasi dan tidak adanya kerusakan pada pompa sentrifugal.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 622 Teknik tambang dan teknik pertambangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 627 Teknik hidrolik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 660 Teknik kimia > 665 Teknologi industri minyak, lemak, lilin, dan gas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Mas'ud Riziq Naufaldi
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:01
Last Modified: 24 Aug 2023 04:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item
View Item