1907431001, Ratu Nabila Fazriani (2023) PEMBUATAN ANIMASI 2D DALAM MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KULINER KHAS BETAWI UNTUK SISWA KELAS 6 SDN KALI ANYAR 02 PETANG. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas, Pendahuluan, dan Penutup.pdf
Download (1MB)
BAB2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB) | Request a copy
Jurnal Ratu Nabila Fazriani.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (558kB) | Request a copy
Abstrak
Makanan atau kuliner tradisional dapat menjadi identitas sebuah daerah. Di
Indonesia makanan tradisional dapat ditemukan dengan mudah di setiap provinsi
salah satunya adalah makanan tradisional khas Betawi. Sudah menjadi satu hal yang
masuk akal apabila penduduk dari suatu daerah mengetahui betul makanan
tradisional apa yang berasal dari daerah mereka. Namun, penelitian yang dilakukan
terhadap siswa kelas 6 Sekolah Dasar Kalianyar 02 Petang menyatakan bahwa
banyak siswa yang tidak mengenal makanan khas daerah betawi tersebut. hal ini
dikarenakan kurangnya materi dan penyampaian yang monotn dalam pengenalan
kuliner khas Betawi yang ada didalam buku Pendidikan Lingkungan Budaya
Jakarta (PLBJ). Oleh sebab itu penelitian ini befokus membuat animasi 2 dimensi
untuk pengenalan makanan tradisional Betawi secara interaktif yang akan
mengedukasi dan menghibur siswa dalam pembelajaran kuliner khas Betawi.
Animasi menghasilkan output berupa video yang telah dilakukan pengujian
terhadap guru dan mendapatkan hasil bahwa animasi ini dapat digunakan sebagai
media untuk pembelajaran materi kuliner Betawi, dan pengujian kepada siswa kelas
enam mendapatkan hasil 87% siswa sangat tertarik menggunakan animasi ini
sebagai media pembelajaran kuliner Betawi.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Ratu Nabila fazriani |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 05:52 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 05:52 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13093 |