PERBANDINGAN RESPON STRUKTUR PADA BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN SHEARWALL DAN TANPA SHEARWALL

2001311037, Dhea Meyra Syaharani (2023) PERBANDINGAN RESPON STRUKTUR PADA BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN SHEARWALL DAN TANPA SHEARWALL. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of TUGAS AKHIR_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA_DHEA MEYRA SYAHARANI] Text (TUGAS AKHIR_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA_DHEA MEYRA SYAHARANI)
3KG1-DHEA MEYRA SYAHARANI-BAB I DAN BAB V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of TUGAS AKHIR_BAB II-BAB IV_DHEA MEYRA SYAHARANI] Text (TUGAS AKHIR_BAB II-BAB IV_DHEA MEYRA SYAHARANI)
3KG1-DHEA MEYRA-BAB II-BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (24MB)

Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara padat penduduk. Sebagian besar negara di Indonesia sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi sering terjadi di Indonesia, menyebabkan banyak kerusakan dan kematian. Ini karena ketika gempa bumi terjadi, bangunan akan mengalami pergeseran horizontal jika pergeseran melebihi batas yang ditetapkan oleh aturan keamanan. Dalam hal ini, bangunan runtuh untuk mencegah kerusakan akibat gempa bumi. Saat merencanakan struktur bertingkat, sangat penting untuk mempertimbangkan gaya lateral karena beberapa bagian struktur harus dirancang untuk menahan gaya gempa.
Studi ini membandingkan bangunan lantai banyak yang menggunakan shearwall dengan yang tidak. Shearwall, juga dikenal sebagai dinding geser, berfungsi untuk menahan beban lateral seperti angin dan gempa. Penelitian ini juga menghitung gaya dalam, simpangan antar lantai atau story drift, gaya geser baik statis maupun dinamik, dan perhitungan gempa. Adanya shearwall akan membuat bangunan lebih kaku, sehingga gaya lateral tidak sepenuhnya dipikul oleh struktur rangka. Gedung dengan shearwall akan lebih kaku dibandingkan dengan gedung yang tidak direncanakan untuk memiliki shearwall.
Kekauan lebih yang dimiliki gedung berdampak pada simpangan struktur. Simpang dapat tereduksi, arah x 52.88% dan arah Y berkurang 39.9 %. Karena kekakuan yang lebih besar dari struktur tanpa dinding geser, struktur dengan dinding geser menghasilkan momen, gaya geser, dan gaya aksial yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan struktur tanpa dinding geser.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 690 Pembangunan gedung
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: mahasiswa Dhea Meyra
Date Deposited: 24 Aug 2023 11:27
Last Modified: 24 Aug 2023 11:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item
View Item