Fadhilah, Nur (2023) PEMBUATAN ANIMASI 2D PENTINGNYA MENGONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Bagian1 Skripsi.pdf
Download (2MB)
Bagian2 Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
Jurnal_Nur Fadhilah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (702kB)
Abstrak
Pertumbuhan dan perkembangan anak yang berada di kelas awal Sekolah Dasar adalah anak yang berada pada rentang usia dini. Salah satu pesan gizi seimbang adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kesiswaan sekaligus guru mata pelajaran PJOK dan beberapa siswa di SDN Beji 5 Depok, tidak jarang dari anak-anak sekolah yang masih belum mengetahui manfaat dari sayur dan buah serta dampak negatif jika kurang mengonsumsi sayur dan buah, masih jajan sembarangan, tidak suka makan sayur karena rasanya hambar, pahit, teksktur buah-buahan yang tidak enak, tidak berani mencoba berbagai macam sayur dan buah karena takut rasanya tidak enak, makan- makanan serba instan serta membawa bekal makanan yang tidak sehat seperti mie goreng, nugget, sosis dan lain-lain. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah animasi 2D yang dapat mengedukasi anak di Sekolah Dasar tentang pentingnya mengonsumsi sayur dan buah.
Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Pada tahap testing menggunakan kuesioner yang dihitung dengan skala likert didapatkan hasil pengujian produk oleh guru sebesar 84,5% setuju bahwa video animasi 2d tersebut dapat mempermudah guru untuk memberikan gambaran visual kepada anak sekolah dasar dan dengan adanya video animasi 2d tersebut membuat anak lebih tertarik untuk mengonsumsi sayur dan buah.
Kata Kunci : Sayur, Buah, Dampak Negatif, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Animasi 2D.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 02:50 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 02:50 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13067 |